√ Pengertian Kearifan Lokal, Ciri, Ruang Lingkup dan Contohnya

Posted on

Pengertian Kearifan Lokal, Ciri, Ruang Lingkup dan Contohnya – Pada kesempatan ini Studi News akan membahas tentang Pengertian Kearifan Lokal. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian kearifan lokal, ciri, ruang lingkup dan contohnya dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel tentang pengertian kearifan lokal berikut ini.

Pengertian Kearifan Lokal, Ciri, Ruang Lingkup dan Contohnya

Kearifan lokal merupakan peran agar dapat mengurangi dampak globalisasi dengan menanamkan nilai positif pada remaja. Hal ini berguna dalam penanaman nilai dengan didasarkan atas norma, nilai dan adat istiadat yang dimiliki pada setiap daerah.

Pengertian Kearifan Lokal Menurut Para Ahli

Berikut ini beberapa pengertian kearifan loka menurut beberapa ahli, diantaranya yaitu:

  1. Menurut Al Musafiri, Utaya dan Astina

Pengertian Kearifan lokal menurut Al Musafiri, Utaya dan Astina adalah peran untuk mengurangi dampak globalisasi dengan cara menanamkan nilai positif pada remaja. Dalam penanaman nilai ini didasarkan pada nilai, norma dan adat istiadat yang dimiliki oleh setiap daerah.

  1. Menurut Sibarani

Pengertian Kearifan lokal menurut Sibarani merupakan suatu bentuk pengetahuan asli dalam mesyarakat yang berasal dari nilai luhur budaya masyarakat untuk mengatur tatanan kehidupan masyarakat.

Baca Juga:  √ Permainan Sepak Bola : Pengertian, Peraturan, Tekniknya
  1. Menurut Paulo Freire

Pengertian Kearifan lokal menurut Paulo Freire merupakan pendidikan yang mengajarkan peserta didik untuk selalu konkret dengan apa yang mereka hadapi.

  1. Menurut Warigan

Pengertian Kearifan lokal menurut Warigan merupakan nilai-nilai yang terlandung dalam kearifan lokal Indonesia sudah terbukti menentukan kemajuan masyarakat.

  1. Menurut Apriyanto

Menurut Apriyanto, pengertian Kearifan lokal adalah berbagai nilai yang diciptakan, dikembangkan dan dipertahankan oleh masyarakat yang menjadi sebuah pedoman hidup mereka.

  1. Menurut Kamus Inggris – Indonesia

Di dalam Kamus Inggris-Indonesia menjelaskan bahwa pengertian Kearifan lokal adalah terdiri dari dua kata yakni kearifan atau wisdom dan lokal yang artinya setempat dan wisdom yang artinya kebijaksanaan. Dengan kata lain local wisdom dapat dipahami sebagai gagasan-gagasan, nilai-nilai dan pandangan-pandangan setempat yang sifatnya bijaksana, penuh dengan kearifan, niali baik yang tertanam dan diikuti oleh masyarakatnya.

  1. Menurut Rahyono

Menurut Rahyono, pengertian Kearifan lokal merupakan kecerdasan manusia yang dimiliki oleh kelompok etnis tertentu yang didapat dengan pengalaman masyarakat. Hal ini memberi pengertian bahwa kearifan lokal adalah hasil dari masyarakat tertentu dengan pengalaman mereka dan belum tentu dialami oleh masyarakat lain.

  1. Menurut UU No. 32/2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup

Dalam UU No. 32/2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, bahwa pengertian Kearifan lokal adalah nilai-nilai luhur yang berlaku dalam tata kehidupan masyarakat antara lain untuk melindungi dan mengelola lingkungan hidup dengan lestari.

  1. Menurut Sartini

Menurut Sartini, Kearifan lokal adalah dapat difahami sebagai gagasan-gagasan setempat yang bersifat bijaksana, bernilai baik, penuh kearifan, tertanam dan diikuti oleh anggota masyarakat.

  1. Menurut Haryati Soebadio

Menurut Haryati Soebadio, pengertian Kearifan lokal merupakan suatu identitad atau kepribadian budaya bangsa yang menyebabkan bangsa itu mampu untuk menyaring dan memiliki budaya yang masuk dalam diri dan watak.

Baca Juga:  √ Pengertian Psikologi Pendidikan, Ruang Lingkup dan Manfaatnya

Pengertian Kearifan Lokal Ciri Ruang Lingkup dan Contohnya

Ciri Kearifan Lokal

Adapun ciri-ciri dari kearifan lokal diantaranya yaitu:

  • Bentuk sifat yang melekat pada seseorang menurut pada asalnya
  • Bentuk warisan peradaban yang dilaksanakan dnegan terus menerus dari generasi ex generasi.
  • Tidak tertulis namun tetap diakui sebagai kekayaan dalam berbagai segi pandang hukum
  • Seringkali berhubungan dengan nilai dan moral pada masyarakat setempat
  • Dianggap dapat menjadi pengendali berbagai pengaruh dari luar.

Ruang Lingkup

Pada umumnya kearifan lokal merupakan fenomena yang komprehensif dan luas. Ruang lingkup dari kearifan lokal beragam dan sangat banyak sehingga tidak dibatasi oleh ruang. Namun kearifan lokal biasanya lebih menekan pada tempat dan lokalitas kearifan tersebut.kearifan yang belum muncul dalam suatu komunitas sebagai hasil dari lingkungan, interaksi dan alam dengan masyarakat dan budaya lain.

Contoh Kearifan Lokal

Berikut ini beberap contoh dari kearifan lokal, antara lain yaitu:

  • Tarian daerah
  • Bahasa daerah
  • Pakaian daerah
  • Musik daerah
  • Adat daerah
  • Upacara daerah

Demikian penjelasan tentang Pengertian Kearifan Lokal, Ciri, Ruang Lingkup dan Contohnya, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.