√ Pengertian Kepribadian dan Contohnya (Pembahasan Terengkap)

Pengertian Kepribadian dan Contohnya (Pembahasan Terengkap) – Pada kesempatan ini Studi News akan membahas tentang Pengertian Kepribadian. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian kepribadian, dan contohnya dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih detailnya simak artikel berikut ini.

Pengertian Kepribadian dan Contohnya (Pembahasan Terengkap)

Pengertian kepribadian secara umum adalah bagian konsep yang sangat luas, akan tetapi secara khusus istilah kepribadian ini erat kaiatannya dengan karakteristik perilaku individu. Setiap individu yang lahir di bumi memiliki kepribadian unik yang dapat dibedakan dari individu yang lainnya.

Pengertian Kepribadian

Kepribadian merupakan dorongan seseorang melakukan tindakan sosial atas dasar perasaan, pengetahuan, dan naluri ilmiahnya. Setiap manusia tentu saja memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Hal yang tidak mungkin terjadi apabila seseorang dapat memiliki banyak kepribadian. Mekipun sudah melakukan imetasi ataupun identifikasi.

Pengertian Kepribadian Menurut Para Ahli

Agar materi ini terasa lebih luas, maka perlu setidaknya memahami konsep dan pengertian tentang kepribadian menurut para ahli, diantaranya adalah yaitu:

Theodore R. Newcombe

Menurut Theodore R. Newcombe, pengertian kepribadian yaitu sekumpulan organisasi sikap-sikap (predispositions) yang dimiliki seseorang sebagai latar belakang terhadap perilaku atau tindakan sosial yang dilakukannya terhadap lingkungan sekitar.

Roucek dan Warren

Menurut Roucek dan Warren, definisi kepribadian yaitu sekumpulan organisasi atas berbagai bentuk faktor-faktor biologis, psikologis dan sosiologis yang mendasari perilaku individu seseorang terhadap fenomena sosial atau keadaan sosial yang sedang dialaminya.

Yinge

Yinge mengaartikan kepribadian merupakan keseluruhan pola perilaku yang dilakukan oleh seorang individu dengan sistem kecenderungan tertentu untuk terdorong melakukannya secara kontinyu (terus menerus). Akhirnya dengan keadaan itulah ia akan berinteraksi dengan serangkaian situasi yang dialaminya.

Koentjaraningrat

Koentjaraningrat seorang tokoh budaya dan sosiologi ini memberikan pengertian kepribadian karatekteritik seseorang yang dilandasi atas dasar watak dengan menunjukan secara konsisten dan konsekuen. Sehingga keadaan ini mendorong seorang individu memiliki suatu identitas yang khas dan berbeda dari individu-individu lainnya.

Robert Sutherland

Menurut Robert Sutherland, pengertian kepribadian yaitu abstraksi yang dilakukan secara individu dan kelakuannya sebagaimana halnya dengan masyarakat dan kebudayaan. Dengan arti inilah setidaknya kepribadian digambarkan sebagai hubungan saling memengaruhi antara tiga aspek tersebut.

Dari serangkaian pengertian kepribadian menurut para ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa kepribadian adalah proses integrasi sosial dari serangkaian kecenderungan seseorang untuk berperasaan, bersikap, bertindak, dan berperilaku sosial tertentu.

Ciri-Ciri Kepribadian

Dilihat dari pengertian tersebut, dalam dikatakan bahwa terdapat karateristik kepribadian yang ada disetiap individu, antara lain:

Kepribadian Baik

Ciri melekat dalam proses kepribadian yang pertama yaitu kepribadian baik, terbentuknya kepribadian ini berasal dari perjalanan fungsi keluarga dengan baik. Proses ini mempengaruhi seseorang untuk melakukan tindakan yang sesuai dengan keteraturan sosial dalam masyarakat.

Contoh prilaku dengan kepribadian baik misalnya saja tentang tindakannya yang selalu beribadah setiap waktu. Misalnya saja dalam Agama Islam, ada seseorang yang menjalankan Ibadah Sholat tepat pada waktunya dengan cara berjama’ah. Secara otomatis tindakan ini menjadi ciri kepribadian yang baik.

Kepribadian Buruk

Ciri yang kedua, hadir dalam kehidupan setiap manusia yaitu jenis kepribadian buruk. Dilatar belakangi dengan adanya tindakan menyimpang dari biasanya yang ada di dalam kehidupan masyarakat. Tindakan ini bahkan tak jarang menimbulkan konflik sosial yang berakibat fatal.

Contoh kepribadian buruk yang bisa dijabarkan misalnya saja adanya seseorang yang melakukan tindakan kriminalitas, dengan cara mencuri untuk memenuhi kebutuhan hidupanya. Secara tindak langsung tindakan kriminalis merupakan bagian dari pada kepribadian buruk.

Dari serangkaian penjelasan di atas, dapat dikatakan bahwasanya kepribadian secara tidak langsung akan memberi watak yang khas bagi individu dalam kehidupan sehari-hari. Kepribadian bukanlah perilaku, namun kepribadianlah yang membentuk perilaku manusia, sehingga dapat dilihat dari cara berpikir, berbicara, atau berperilaku. Kepribadian lebih berada dalam alam psikis (jiwa) seseorang yang diperlihatkan melalui perilaku.

Aspek-Aspek Kepribadian

Terdapat beberapa aspek kepribadian yang dapat terbentuk karena beberapa faktor, antara lain:

Perasaan

Pengertian perasaan adalah tingkah individu yang didasari pada faktor kejiwaan dalam hatinya. Kondisi ini akan mendorong seseorang untuk melakukan kegiatan yang sesuai dengan kata hati. Oleh karenannya banyak pihak mengetakan bahwa perasaan sama arti dengan emosi.

Pengetahuan

Wawasan dan pengetahuan yang dimiliki oleh seseorang satu dengan lainnya, tentusaja tidak bisa disamakan. Akan ada perbedaan yang mendalam, dengan kadaan ini pengatahuan menjadi aspek terpenting dalam membentuk kepribadian seseorang.

Naluri

Terakhir, yang menjadi pendorong dalam kepribadian adalah naluri. Naluri membentuk manusia untuk bertingkah laku sesuai dengan kata hati. Naluri memiliki karakteristik yang berbeda daripada aspek lainnya, lantaran naluri di bawa sejak ia lahir.

Dari serangkaian penjelasan mengenai pengertian, ciri, aspek kepribadian di atas, Penting bagi artikel ini untuk mengulas lebih dalam tentang contoh kepribadian. Tujuannya agat materi ini dapat lebih mudah untuk dipahami dan ditelaah lebih lanjut.

Pengertian Kepribadian dan Contohnya

Contoh Kepribadian

Contoh mengenai kepribadian yang dapat disebutkan misalnya saja, ketika ada seseorang seorang siswa di sekolah yang harus menyelesai kan perselisihan yang terjadi antara dua orang temannya. Keinginannya untuk menyelesaikan perselisihan merupakan kepribadiannya.

Adapun tindakan untuk upaya penyelesaian konflik tersebut merupakan bagian daripada perilakunya. Dengan contoh inilah setidaknya kepribadian mencakup kebiasaan, sikap, dan sifat seseorang yang khas dan berkembang apabila berhubungan dengan orang lain

Demikian artikel tentang Pengertian Kepribadian dan Contohnya (Pembahasan Terengkap). Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Terimakasih.