√ Pengertian Kompas, Fungsi, Macam dan Cara Penggunaannya

Pengertian Kompas, Fungsi, Macam dan Cara Penggunaannya – Pada kesempatan ini Studi News akan membahas tentang Pengertian Kompas. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian kompas, fungsi, macam, dan cara penggunaannya dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih mudah dalam memahaminya silahkan simak artikel tentang pengertian kompas dibawah ini.

Pengertian Kompas, Fungsi, Macam dan Cara Penggunaannya

Pengertian kompas adalah sebuah alat Navigasi penunjuk arah mata angin. Di mana kompas berupa sebuah panah penunjuk magnetis yang bebas menyelaraskan dengan medan magnet bumi secara akurat. Hal ini dapat memberikan rujukan arah tertentu yang sangat membantu dalam penunjuk arah.

Fungsi Kompas

Gungsi utama dari kompas yaitu menentukan atau mengetahuai arah serta besaran derajat suatu arah yang mana dapat juga digunakan mengetahui lokasi suatu medan berdasarkan peta.

Macam Kompas

Terdapat dua macam jenis kompas yakni kompas analog dan kompas digital. Lebih jelasnya silahkan lihat dibawah ini:

Kompas Analog

Kompas analog umumnya digunakan dalam kehidupan sehari-hari yang termasuk sering digunakan oleh para anggota pecinta alam. Dalam penggunaannya kompas analog masih secara manual dimana dengan menyelaraskan jarum kompas yang terdapat didalamnya. Terdapat beberapa jenis kompas analog, antara lain yaitu:

  • Kompas Lensa

Kompas lensa adalah kompas yang dilengkapi dengan lensa biconcave yang berfungsi untuk mempermudah dalam pembacaannya. Pada umumnya kompas lensa berbentuk ringan, sederhana serta harganya jauh lebih murah dari kompas lainnya. Namun kevaliditas dalam pengukuran besarnya sudut kompas kurang akurat.

  • Kompas Prisma (Kompas Bidik)

Kompas bidik merupakan kompas yang berguna sebagai pembidik besar derajat pada sebuah medan (bentang alam sebenarnya) untuk diproyeksikan dalam peta. Dalam ini jenis kompas bidik sering digunakan dalam kegiatan alam.

  • Kompas Silva (Kompas Orientering)

Kompas Silva adalah kompas yang digunakan dalam orientasi (penghitungan dan pembacaan peta secara langsung). Dimana Kompas silva pada umumnya memiliki badan (wadah) transparan yang memudahkan pembacaan terhadap peta yang ditaruh di bawahnya.

Kompas Digital

Kompas digital adalah sebuah kompas yang bekerja secara lebih modern dan digital. Dalam kompas ini Jenis terdapat sistem navigasi dalam dunia robotika atau dalam gadget elektronik.

Pengertian Kompas Fungsi Macam dan Cara Penggunaannya

Cara Penggunaan Kompas

Adapun cara penggunan kompas sebagai berikut:

Letakkan kompas diatas permukaan yang datar dan setelah jarumnya tidak lagi bergerak, maka jarumnya menunjukkan ke arah utara magnet

Bidik sasaran melalui visir dengan sebuah kaca pembesar

Miringkan sedikit letak kaca pembesar, kira-kira 50° dimana berfungsi untuk membidik ke arah visir dan mengintai angka pada dial.

Bila visir diragukan karena kurang jelas dilihat dari kaca pembesar, luruskan saja garis yang terdapat pada tutup dial ke arah visir, searah dengan sasaran bidik agar mudah dilihat melalui kaca pembesar

Apabila sasaran yang dibidik 30° maka bidiklah ke arah 30°. Sebelum menuju sasaran, tetapkan terlebih dahulu titik sasaran sepanjang jalur 30°. Kemudian carilah sebuah benda yang menonjol atau tinggi diantara benda lain disekitarnya, sebab route ke 30° tidaklah selalu datar atau kering, terkadang berbencah-bencah. Ditempat itu kita melambung (keluar dari route) dengan tidak kehilangan jalur menuju 30°.

Sebelum bergerak ke arah sasaran bidik, perlu ditetapkan terlebih dahulu Sasaran Balik (Back Azimuth atau Back Reading) agar kita bisa kembali kepangkalan jika tersesat dalam perjalanan. Menentukan sasaran balik dengan rumus:

  • Bila sasaran kurang dari 180° = ditambah 180°, Contohnya seperti 30° sasaran baliknya adalah 30° + 180° = 210°.
  • Bila sasaran lebih dari 1800 = dikurang 180°, Contohnya seperti 240° sasaran baliknya adalah 240° – 180° = 60°.

Demikian penjelasan tentang Pengertian Kompas, Fungsi, Macam dan Cara Penggunaannya, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.