√ Pengertian Legenda, Ciri-Ciri, Jenis Beserta Contohnya

Pengertian Legenda, Ciri-Ciri, Jenis Beserta Contohnya – Pada kesempatan ini Studi News akan membahas tentang Pengertian Legenda. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian legenda, ciri-ciri, jenis beserta contohnya dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih mudah dalam memahaminya silahkan simak artikel tentang pengertian legenda berikut ini.

Pengertian Legenda, Ciri-Ciri, Jenis Beserta Contohnya

Pengertian legenda merupakan sesuatu cerita prosa rakyat yang dianggap sebagai hal yang benar terjadinya. Dalam hal ini biasa menyebutkan legenda dengan sejarah kolektif. Dimana legenda tidak tertulis yang menjadikan kisahnya mengalami distorsi yang sering kali jauh berbeda dengan kisah aslinya.

Legenda juga sering diartikan sebagai suatu cerita rakyat yang dianggap benar terjadinya. Dimana cerita tersebut berkaitan dengan tokoh sejarah serta dihiasi dengan keajaiban, keistimewaan dan kesaktian dari tokohnya.

Pengertian Legenda Menurut Ahli

Berikut ini adalah pengertian legenda menurut beberapa ahli, antara lain yaitu:

  • Menurut William R. Bascom

Menurutnya, pengertian legenda adalah cerita atau hikayat yang memiliki karakter atau ciri-ciri yang serupa dengan mitos, yaitu diyakini benar-benar terjadi, akan tetapi tidak dipercayai suci.

  • Menurut Buku Sari Kata Bahasa Indonesia

Menurutnya, legenda adalah cerita rakyat pada waktu lampau yang ada kaitannya dengan suatu kejadian ataupun asal-usul terjadinya suatu daerah.

  • Menurut Pudentia

Menurutnya, legenda merupakan cerita atau hikayat yang diyakini oleh sejumlah penduduk setempat bahwa memang benar-benar terjadi, akan tetapi tidak diyakini suci atau keramat yang juga tidak menyamainya dengan mite.

  • Menurut Hooykaas

Menurutnya, legenda merupakan dongeng mengenai beberapa hal atas dasar sejarah yang berisi suatu hal yang ajaib atau peristiwa yang menandakan kehebatannya.

  • Menurut Emeis

Menurutnya, legenda adalah cerita atau hikayat kuno yang separuh atas dasar sejarah, dan yang separuh lagi atas dasar angan-angan.

Ciri-Ciri Legenda

Dalam legenda mempunya beberap ciri-ciri antara lain yaitu:

  • Legenda dipercaya sebagai peristiwa atau kejadian masa lalu yang benar terjadinya.
  • Legenda bersifat keduniawian.
  • Dalam tokoh legenda biasanya yaitu manusia.
  • Sejarah Kolektif ialah sejarah yang biasa mengalami distorsi karena berbeda dengan cerita aslinya.
  • Sifatnya Migration atau berpindah-pindah.
  • Sifatnya Siklus, maksudnya yaitu menceritakan tokoh pada zaman tertentu.

Pengertian Legenda Ciri-Ciri Jenis Beserta Contohnya

Jenis Legenda Beserta Contohnya

Terdapat beberapa jenis legenda dan contohnya, diantaranya yakni:

  • Legenda Keagamaan

Legenda keagamaan ialah Legenda yang bercerita tentang kisah-kisah ke-Agamaan tertentu. Semisal Kisah Wali Sunan Kalijaga yang ada di tanah Jawa yang berkembang di masyarakat.

Ada juga peninggalan mereka yang berupa makam atau disebut keramat. Berkaitan jenis legenda ini jika anda perhatikan pengelompokan yang sering dilakukan oleh Rusyana dkk. Salah satunya termasuk pada kelompok legenda keagamaan ini, yakni dimana legenda penyebaran agama Islam.

  • Legenda Kegaiban

Legenda kegaiban yang mana menceritakan tentang suatu kepercayaan pada alam gaib. Misalnya legenda kegaiban diantaranya Sang Penguasa Pantai Selatan, Kisah Nyi Roro Kidul dan lain sebagainya.

  • Legenda Perseorangan

Legenda perseorangan yaitu berceritakan mengenai tokoh-tokoh tertentu yang akan dianggap oleh yang empunya cerita benar-benar terjadi. Legenda golongan ini bila kita cermati atau juga kita bandingkan dengan pengelompokan legenda menurut Rusyana dkk, maka akan termasuk pada kelompok yang ke 2 yaitu legenda pahlawan pembangunan masyarakat atau budaya.

  • Legenda Setempat atau Lokal

Legenda setempat merupakan Legenda atau cerita yang berhubungan dengan suatu tempat, nama tempat ataupun juga bentuk tofografi, yakni dimana bentuk permukaan suatu daerah, apakah berbukit-bukit, berjurang atau yang lain sebagainya.

Legenda setempat dimana golongan legenda yang paling banyak jumlahnya, hal yang sangat terpenting bagi penelitian sejarah, tradisi lisan bukan kebenaran faktanya.

Untuk dapat mencari kebenaran faktanya sangatlah sulit, apalagi sumber-sumber tertulis. Karena kemungkinan pada awal pertama kali cerita itu akan dikenal di masyarakat, belum mengenal tradisi menulis.

Demikian penjelasan tentang Pengertian Legenda, Ciri-Ciri, Jenis Beserta Contohnya, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.