√ Pengertian Magnet, Sifat, Garis Gaya Beserta Bahannya

Posted on

Pengertian Magnet, Sifat, Garis Gaya Beserta Bahannya – Pada kesempatan ini Studi News akan membahas tentang Pengertian Magnet. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian magnet, sifat, garis gaya beserta bahannya dengan secara singkat dan jelas untuk lebih jelasnya simak artikel tentang pengertian magnet berikut ini.

Pengertian Magnet, Sifat, Garis Gaya Beserta Bahannya

Sering kita mendengar tentang magnet, yang mana identik dengan logam yang saling tarik menarik atau tolak menolak. Hal ini terjadi sebab logam akan saling tarik menarik bilamana kutub magnet berlawanan. Sebaliknya bilamana kutub magnet sama atau berkawanan maka akan saling tolak menolak.

Pengertian Medan Magnet

Dalam hal ini pengertian magnet yaitu area atau wilayah yang mana gaya magnet masih dapat berpengaruh pada benda disekitarnya. Apabila didekatkan benda logam tertentu pada kutub medan magnet maka logam tersebut akan tertarik oleh magnet.

Bilamana menaruh logam diluar medan magnet maka logam tersebut tidak akan tertarik oleh magnet. Adapun medan magnet yang paling kuat berada pada sisi kutub magnet.

Garis Gaya Magnet

Garis gaya magnet merupakan garis khayal yang menunjukkan pola gari lengkung yang terbentuk disekitaran magnet. Dalam pola tersebut adalah garis medan magnetik yang biasa disebut dengan garis gaya magnetik.

Garis gaya magnetik selalu berawal dari kutub utara ke kutub selatan magnet. Hal tersebut juga berlaku pada saat dua magnet berlawanan kutub didekatkan maka arah garis gaya magnet tetap berawal dari kutub utara ke kutub selatan magnet.

Baca Juga:  √ Pengertian Barium Hidroksida, Rumus Kimia dan Kegunaannya

Magnet dan Kemagnetan

Pengertian Magnet Sifat Garis Gaya Beserta Bahannya

Magnet pertama kali ditemukan pada daera yang bernama Magnesia. Dimana magnet adalah batu bermuatan yang memiliki sifat dapat menarik benda yang mengandung besi atau Fe204. Gaya yang saling tarik menarik dan mengakibatkan partikel tersebut menepel disebut gaya magnetik.

Contohnya seperti magnet U, magnet ledam, magnet batang, magnet keping, magnet ledam dan magnet silinder.

Kutub Magnet

Pada bagian magnet terdapat dua kutub yaitu kutub selan dan kutub utara. Walaupun magnet tersebut dipotong maka akan tetap memiliki 2 kutub dan akan menjadi magnet baru.

Jika dua kutub magnet yang berbeda jenis di dekatkan maka kedua magnet tersebut akan saling tarik menarik

Jika dua kutub magnet yang sejenis di dekatkan maka kedua magnet tersebut akan saling tolak menolak

Sifat Bahan Magnetik

Magnet hanya akan menarik pada bahan yang mempunyai kandungan partikel besi, ada 3 jenis sifat bahan logam yang bisa dilihat dari sifat kemagnetannya, antara lain yaitu:

  • Faromagnetik

Faromagnetik merupakan salah satu bahan yang dapat ditarik oleh magnet dengan kuat, seperti besi, nikel, baja dan kobalt. Disamping itu bahan ini selain bisa ditarik dengan kuat dapat dibuat sebagai bahan pembuat magnet.

  • Paramagnetik

Paramagnetik merupakan bahan yang bisa ditarik oleh magnet namun tarikannya sangat lemah, seperti kaca, kayu, aluminium, dan tembaga.

  • Diamagnetik

Diamagnetik merupakan bahan yang bila didekatkan dengan magnet maka akan menolaknya atau akan menjauhinya. Logam mineral yang termasuk kedalam diamagnetik yaitu emas dan timah hitam.

Magnet sendiri memiliki 2 jenis yaitu magnet permanen dan magnet sementara. Magnet permanen adalah magnet yang memiliki sifat kemagnetan dengan jangka waktu yang relatif lama dan susah dihilangkan dari sifat kemagnetannya.

Baca Juga:  √ Pengertian Flora dan Fauna, Klasifikasi, Manfaat & Contoh (Lengkap)

Sedangkan magnet sementara merupakan magnet yang hanya memiliki sifat magnetik dalam jangka waktu yang tidak lama atau tertetntu sebelum sifat kemagnetannya hilang atau dapat sengaja dihilangkan.

Demikian penjelasan tentang Pengertian Magnet, Sifat, Garis Gaya Beserta Bahannya, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.