√ Pengertian Open Source, Close Source Beserta Contohnya

Pengertian Open Source, Close Source Beserta Contohnya – Pada kesempatan ini Studi News akan membahas tentang Pengertian Open Source. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian open source, close source beserta contohnya dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel pengertian open source berikut ini.

Pengertian Open Source, Close Source Beserta Contohnya

Untuk mendefinisikan open source terdapat berbagai kategori dan varian yang masih ada, namun pada dasarnya tidak menjadi rumit yakni simple.

Ide Umum Open Source Software

Dalam kata free software memiliki arti ambigu yang berasal dari kata free yang artinya gratis atau bebas. Sebab dengan menggunakan konsep open source bisa berdasarkan kebebasan user dalam pendistribusian memakai dan lainnya juga software secara gratis (tanpa biaya).

Free software yang memiliki arti ambgu yang mana dari kata free sendiri dalam artian bebas atau gratis. Karena itu menggunakan konsep open source dapat berdasarkan kebebasan user dalam pendistribusian menggunakan atau lainnya serta software gratis (tanpa biaya).

Dibawah ini adalah feature utama dari karakteristik open source atau free source dari user, yaitu:

  • Bisa memakai software sesuai dengan keinginannya, untuk apapun yang diinginkan, pada beberapa komputer dalam situasi yang tepat secara teknis.
  • Dapat memiliki software yang tersedia sesuai dengan kebutuhan dan tentu saja meliputi improvisasi, perbaikan bugs, memperbesar fungsinya serta dokumentasi pengoperasiannya.
  • Dapat mendistribusikan software kepada user yang lainnya, agar dapat digunakan berdasarkan kebutuhannya seperti pendistribusian bisa saja free atau dengan biaya.

Contoh software Open Source

Berikut ini merupakan beberapa macam contoh software free source atau open source, diantaranya:

  • Linux

Dalam perkembangannya linux  dapat digunakan sebagai jaringan, pekerjaan sehari-hari ataupun pengembangan software. Dengan berbagai kebebasan dalam programer dan administrator jaringan memakai linux dapat memperoleh kebebasan souce code (kode sumber) dan mengubah menyesuaikan keinginan.

Untuk hal ini dapat mengiplikasikan pada beberapa hal penting yaitu keamanan dan dinamika. Sebab sifat yang kompatible dengan UNIX maka linux dapat berinteraksi dengan sistem operasi lainnya contoh windows, netware, macintosh dan lain sebagainya.

  • Apache

Software Apache dikeluarkan oleh NCSA yakni NCSA HTTPd pada tahun 1995, yang mana termasuk turunan dari web server. Apache sendiri pada dasarnya yait “A PatCHy” (patch) dan pengganti dari NSCA HTTPd.

  • Open Office.org

Pengertian dari Open Office.org yaitu sebuah perangkat lunak yang termasuk open souce, sebab siapapun bisa mengakses kode sumber dan bisa merubah kode sumbernya dan dapat digunakan dengan sestem operasi windows dan linux.

  • Mozilla FireFox

Pengertian Mozila Firefox yaitu sebuah perangkat lunak open source yang banyak dipakai atau digunakan. Disebabkan Mozila termasuk kedalam browser web yang kecil, simple dan cepat. Dalam mozila ada beberapa kelemahan yakni akan crash jika membuka halaman web yang sangat besar dan memiliki JavaScript. Namun hal ini sudah diperbaiki, sebab mozila bersifat open source maka kekurangan seperti diata dapat diperbaiki dan dikembangkan.

  • MySql

Penggunaan pada aplikasi MySql bisa beroperasi pada semua platform baik berupa Linux atapun Windows. MySQl adalah sebuah aplikasi yang bisa digunakan dalam membuat database yang bersifat terbuka atau open source.

Program pengakses database ini bersifat networking yang dapat dipakai dalam aplikasi Multi User (dapat digunakan oleh banyak pengguna). MuSQl yaitu aplikasi yang sangat populer dikalangan para pengembangan bahasa pemprograman PHP dan banyak dipakai situs web, layanan online atau palikasi web lainnya.

  • OpenOffice

Paket program perkantoran untuk mengolah kata, tabel, serta database.

  • ClamAV dan ClamWin

ClamAV dan ClamWin merupakan Program antivirus.

  • GIMP

GIMP merupakan program pengolah foto dan gambar digital.

  • Audacity

Audacity merupakan program perekam dan pengolah audio.

  • VideoLAN

VideoLAN merupakan program pemutar file multimedia (audio dan video)

  • Blender

Blender merupakan program untuk pembuatan model 3 dimensi, seperti animasi dan game.

  • XAMPP

XAMPP marupakan paket program untuk simulasi dan pengembangan web, termasuk di dalamnya Apache (web server) & MySQL (database).

  • osCommerce

OsCommerce merupakan program aplikasi web untuk toko online.

  • Filezilla

Pada aplikasi filezila merupakan aplikasi jaringan yang berguna untuk mentransfer file via protokol FTP dijaringan komputer ataupun internet. Dalam versi terbarunya yaitu FileZilla 3.9.0.6 yang dirilis pada 21 Oktober 2014 dan dibuat serta dikembangkan oleh Tim Kosse.

Pengertian Open Source Close Source Beserta Contohnya

Pengertian Close Source

Pengertian Close Souce yaitu kebalikan daripada Open Source, yakni sebuah software yang kode sourcenya tidak dipublikasikan seperti Microsoft Windows. Hal ini bisa dikatakan close souce karena kode sourcenya tidak dipublikasikan secara bebas dan hanya diketahui oleh pegawai atau kelompok tertentu yang berkaitan dengan pihak perusahaan tersebut.

Close source juga ialah salah satu software atau perangkat lunak yang dipublikasikan tanpa kode sumber, pada umumnya hanya binari dari program komputer didistribusikan dan lisensi tidak memberikan akses keprogram kode sumber. Unutk kode sumber dari program dapat dianggap sebagai rahasia dagang perusahaan, sedangkan akses ke kode sumber oleh pihak ke 3 pada umumnya memerlukan partai dalam menandatangani perjanjian non-disclosure.

Hal ini berkaitan agar program komputer mempunyai hak cipta atau lisensi yang melindungi hasil ciptaan dari penggunaan yang tidak adil oleh pihak lain. Namun kebanyakan hak cipta yang ada terutama pada program komputer yang Close Source mencantumkan klausul yang menempatkan pembeli atau pengguna pada posisi yang sangat lemah.

Adapun beberapa Software yang termasuk kedalam kategori ini dapat dikelompokan sebagai berikut:

  • Operating System (Sistem Operasi), seperti : Microsoft Windows
  • Languages (Bahasa Pemrograman), seperti : Visual Basic, ASP, dan Pascal
  • Web Browser, seperti : Internet Explorer
  • Aplication (Aplikasi), seperti : Adobe Photoshop, CorelDraw
  • Office Suites (Aplikasi perkantoran), seperti : Microsoft Office
  • Server Aplication (Server), seperti : ColdFusion, IIS
  • Antivirus, seperti : Norton Antivirus, McAfee
  • Games, seperti : FIFA, Winning Eleven, dan Spiderman

Demikian penjelasan tentang Pengertian Open Source, Close Source Beserta Contohnya, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.