√ Pengertian Ringkasan, Ciri, Cara membuat dan Contohnya

Pengertian Ringkasan, Ciri, Cara membuat dan Contohnya – Pada kesempatan kali ini Studi News akan membahas tentang Pengertian Ringkasan. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian ringkasan, ciri, caram membuat dan contohnya dengan secara singkat dan jelas. Untuk dapat lebih mudah memahaminya berikut artikel tentang pengertian ringkasan.

Pengertian Ringkasan, Ciri, Cara membuat dan Contohnya

Dalam bahasa Inggris ringkasan yaitu Resume adalah sebuah penyampaian kejadian atau peristiwa yang panjang serta disajikan dengan secara singkat. Ringkasan merupakan cara yang baik dalam memangkas atau memotong sajian pada sebuah hasil karangan yang panjang serta disajikan dalam bentuk sajian yang singkat.

Ikhtisar dan ringkasan adalah dua istilah yang berbeda walaupun sering disampaikan, akan tetapi pada kedua tersebut memiliki istilah yang berbeda. Ringkasan adalah hasil dari sebuah karangan yang asli, pada penyajiannya harus tetap menjaga rumusan dan urutan asli dari pengarangnya.

Sedangkan ikhtisar bisa dibilang berkebalikan dari ringkasan, dimana ikhtisar tidak menggunakan susunan atau sistematika yang tidak perlu sesuai dengan karangan aslinya dan tidak perlu secara proposional atau tidak memerlukan sajian isi dari semua karangan itu sendiri.

Ciri Ringkasan

Berikut ini adalah ciri ringkasan agar dapat lebih mudah memahamaminya, antara lain yaitu:

  • Ringkasan Memiliki tujuan untuk memangkas hasil gagasan;
  • Ringkasan Harus mempunyai kerangka dasar yang jelas;
  • Dalam memangkas (mememotong) gagasan harus terperinci (detail);
  • Ringkasan Harus mempunyai inti yang tidak menghilangkan hasil dari karangan asli.

Pengertian Ringkasan Ciri Cara membuat dan Contohnya

Cara membuat ringkasan

Sebelum mengetahui cara membuat ringkasan, terdapat 2 bentuk dalam membuat ringkasan yaitu bentuk paragraf (verba) atau uraian dan bentuk skema (non verba) atau bagan. Ringkasan dalam bentuk bagan atau skema tentu harus memiliki gagasan yang telah ada dalam teks sumbernya.

Untuk membuat dalam bentuk skema sebelumnya perlu dicatat terlebih dahulu inti dari sumber informasi sebelum membuat unsur skema.

Adapun untuk membuat ringkasan terdapat beberapa cara yang bisa dijadikan panduan atau panduan yang baik dan teratur, antara lain yaitu:

Membaca naskah asli

Hal pertama yang perlu dilakukan dalam membuat ringkasan yaitu dengan melakukan setidaknya 1-2 kali membaca naskah asli agar mendapatkan atau mengetahui kesan umum dan sudut pandang dari pengarang aslinya.

Mencatat gagasan utama

Setelah Anda membaca naskah asli dan sudah menangkap sudut pandang, maksud dan tujuan umum dari pengarang aslinya. Langkah selanjutnya mencatat gagasan utama atau gagasan yang penting dalam naskah.

Mengadakan reproduksi

Seusai melakukan dua cara tersebut, selanjutnya penulis siap dalam membuat sebuah ringkasan. Hal yang perlu diperhatikan bagi penulis yaitu harus membuat sebuah kalimat yang baru, perihal yang penting  harus dapat diterima oleh akal sehat dan merangkai gagasan menjadi sebuah wacana yang jelas dan teratur.

Contoh Ringkasan

Membuat Lingkungan Menjadi Lebih Hijau

Setelah bekerja pada bidang rekayasa selama satu dekade terakhir, kami telah menemukan bahwa gairah berada pada penciptaan produk dan solusi yang berkontribusi pada dunia yang jauh lebih hijau dan lebih bersih.

Hal ini menjadikan tantangan berguna yang menawarkan kesempatan dalam membuat perbedaan. Kami percaya pekerjaan ini sangat berarti, bila memungkinkan kami untuk membentuk perubahan positif. Oleh karena itu kami melakukan apa yang kami lakukan untuk membuat lingkungan menjadi lebih hiaju kembali.

Demikian penjelasan tentang Pengertian Ringkasan, Ciri, Cara membuat dan Contohnya, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.