√ Pengertian Strategi Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap)

Posted on

Pengertian Strategi Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap) – Pada kesempatan ini Studi News akan membahas Pengertian Strategi. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian strategi menurut para ahli serta penjelasannya dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih detailnya simak artikel berikut ini.

Pengertian Strategi Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap)

Definisi strategi yang akan di kemukakan oleh para peneliti mempunyai banyak kesamaan, yaitu mengenai Frase “tujuan jangka panjang”. Suatu perumusan dalam menentukan pemecahan, masalah dan kebijakan umum yang di hadapi oranisasi dalam menghadapi keputusan yang menentukan kegagalan dan kesuksesan organisasi serta penekanan pada “pola tujuan dan kerangka kerja”.

Stratregi Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah pengertian strategi menurut para ahli, antara lain:

Menurut Kuncoro

Menurut Kuncoro (2005: 1-2) dalam buku yang berjudul “Strategi Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif”. Di jelaskan mengenai strategi menurut Itami, strategi adalah penentuan kerangka kerja dari aktivitas bisnis perusahaan dan memberikan pedoman untuk mengordinasikan aktivitas. Sehingga perusahaan dapat menyesuaikan dan mempengaruhi lingkungan yang selalu berubah. Strategi mengatakan dengan jelas lingkungan yang diinginkan oleh perusahaan dan jenis organisasi seperti apa yang hendak dijalankan.

Baca Juga:  √ Pengertian Freelance, Syarat, Cara Kerja dan Kelebihannya (Lengkap)

Menurut Andrews

Sedangkan menurut Andrews, strategi adalah pola sasaran, tujuan dan kebijakan/rencana umum untuk meraih tujuan yang telah ditetapkan, yang dinyatakan dengan mendefinisikan apa bisnis yang dijalankan oleh perusahaan, atau yang seharusnya dijalankan oleh perusahaan.

Menurut Pearce dan Robinson

Menurut Pearce dan Robinson mendefinisikan Strategi adalah ‘rencana main’ suatu perusahaan. Strategi sendiri mencerminkan kesadaran perusahaan mengenai bagaimana, kapan dan di mana ia harus bersaing menghadapi lawan serta dengan maksud dan tujuan untuk apa.

Menurut Carl Von Clausewitz

Carl Von Clausewitz menurutnya Stategi adalah pengetahuan tentang penggunaan pertempuran untuk memenangkan sebuah peperangan. Perang itu sendiri merupakan kelanjutan dari politik.

Menurut A.Halim

Menurut A.Halim mengemukakan strategi adalah suatu cara dimana sebuah lembaga atau organisasi akan mencapai suatu tujuannya sesuai peluang dan ancaman lingkungan eksternal yang dihadapi serta kemampuan internal dan sumber daya.

Menurut Morrisey

Menurut Morrisey mendefinisikan bahwa strategi adalah proses untuk menentukan arah yang harus dituju oleh suatu perusahaan supaya dapat tercapai segala misinya.

Menurut Siagaan

Menurut Siagaan mendefinisikan Strategi adalah serangkaian keputusan serta tindakan yang mendasar dan dibuat oleh menejemen puncak dan diterapkan seluruh jajaran dalam suatu organisasi demi pencapaian tujuan organisasi tersebut.

Menurut Kaplan dan Norton

Menurut Kaplan dan Norton, mereka mendefinisikan bahwa Strategi yaitu seperangkat hipotesis dalam suatu model hubungan cause & effect yaitu suatu hubungan yang bisa diekspresikan dengan hubungan antara if & then.

Menurut Syafrizal

Menurut Syafrizal bahwa strategi adalah suatu cara untuk mencapai sebuah tujuan dengan berdasarkan analisa terhadap faktor eksternal dan internal.

Menurut Rangkuti

Menurut Rangkuti bahwa strategi adalah alat untuk mencapai tujuan.

Baca Juga:  √ Pengertian Audio & Media Audio Menurut Para Ahli Beserta Jenisnya

Menurut Craig dan Grant

Menurut Craig dan Grant, mereka berpendapat strategi adalah penetapan tujuan & sasaran dalam jangka panjang (Targeting and long-term goals).

Pengertian Strategi Menurut Para Ahli

Menurut Johnson dan Scholes

Strategi merupakan arah & ruang lingkup dari sebuah organisasi atau lembaga dalam jangka panjang, yang mencapai keuntungan dengan melalui konfigurasi dari sumber daya dalam lingkungan yang menantang, demi memenuhi kebuthan pasar & suatu kepentingan.

Menurut Anthony dan Govindarajan

Bahwa perencanaan strategi adalah suatu proses dalam manajemen yang sistematis yang didefinisikan sebagai proses dalam pengambilan keputusan atas program-program yang akan dilaksanakan oleh organisasi & perkiraan sumber daya yang akan dialokasikan dalam setiap program selama beberapa tahun mendatang.

Menurut Henry Mintzberg

Pengertian strategi terbagi atas 5 definisi yaitu strategi sebagai rencana, strategi sebagai pola, strategi sebagai posisi (positions), strategi sebagai taktik (ploy) dan terakhir strategi sebagai perpesktif.

Strategi reaktor yaitu organisasi yang bereaksi terhadap perubahan lingkungan dan membuat suatu perubahan hanya apabila terdapat tekanan dari lingkunganya yang memaksa organisasi tersebut untuk berubah.

Demikian Artikel tentang Pengertian Strategi Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap). Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.Terima kasih.

√ Pengertian Strategi Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap)
5 (100%) 12 vote[s]