√ Pengertian Tradisi, Tujuan, Fungsi Serta Penyebabnya

Posted on

Pengertian Tradisi, Tujuan, Fungsi Serta Penyebabnya – Pada kesempatan ini Studi News akan membahas tentang Pengertian Tradisi. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian tradisi, tujuan, fungsi serta penyebabnya dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel tentang pengertian tradisi berikut ini.

Pengertian Tradisi, Tujuan, Fungsi Serta Penyebabnya

Pengertian tradisi atau sering kita menyebutkan kebiasaan merupakan sesuatu yang sudah dilakukan sejak lama dan akan terus menjadi bagian dari kehidupan suatu kelompok masyarakat. Tradisi terjadi biasanya terdapat pada suatu wilayah atau negara, kebiasaan, agama atau waktu yang sama.

Dalam penjelasan lainnya bahwa tradisi adalah segala sesuatu yang diwariskan atau dsalurkan dari masa lalu ke masa saat ini. Artinya tradisi menjadi suatu warisan sosial khusus yang memenuhi syarat saya yaitu yang masih bertahan hingga sekarang dengan ikatan yang masih kuat dengan kehidupan.

Melihat dari segi benda atau material yaitu sesuatu benda yang mengingatkan dan menunjukkan hubungan khusus dengan kehidupan pada zaman dahulu atau masa lalu.

Tujuan Suatu Tradisi

Tujuan dengan adanya suatu tradisi yang berkembang di masyarakat yaitu agar hidup manusia kaya akan nilai sejaran dan budaya. Disamping memiliki kekayaan budaya, tradisi menjadikan kehidupan kita menjadi lebih hamonis. Hal ini akan terwujud bilamana adanya saling menghormati, menghargai dalam menjalankan dan melakukan suatu tradisi dengan baik dan benar sesuai pada aturannya.

Baca Juga:  √ Pengertian Legenda, Ciri-Ciri, Jenis Beserta Contohnya

Pengertian Tradisi Tujuan Fungsi Serta Penyebabnya

Fungsi Suatu Tradisi

Terdapat beberapa fungsi dari tradisi diantaranya yaitu:

  • Memberikan Legitimasi Pada Pandangan Hidup

Dalam sebuah tradisi akan memberikan legistimasi pada pandangan hidup, contohnya pranata, aturan, dan keyakinan yang sudah ada. Hal ini membutuhkan pembenaran agar bisa mengikat anggotanya. Seperti halnya wewenang dari seorang raja yang disahkan oleh sebuah tradisi dari semua penerus atau leluhur terdahulu

  • Penyedia Fragmen Warisan Historis

Penyedian fragmen warisan histori hal ini agar dapat dikenal dan hidup pada masanya. Tradisi memiliki sesuatu ide dengan adanya gagasan dan material yang bisa dipakai pada orang dalam melakukan tindakan sekarang dan sebagai membangun masa dengan dasar pengalaman masa lalu.

  • Menyediakan Simbol Identitas Kolektif

Menyediakan simbol identitas kolektif yang bertujuan agar meyakinkan, memperkuat adanya loyalitas primodial pada bangsa baik kelompok atau komunitas.

  • Tempat Pelarian

Fungsi lainnya dari tradisi yaitu sebagai tempat pelarian dari ketidakpuasan, kekecewaan da keluhan pada kehidupan moderen. Dalam hal ini tradisi akan memberikan kesan masa lalu yang lebih baik, menjadi lebih bahagia pengganti kebahagian bila masyarakat berada dalam kondisi kritis.

Penyebab Dari Perubahan Tradisi

Melihat dengan banyaknya tradisi dan bentrokan antara tradisi satu dengan satu lainnya. Hal ini bisa terjadi pada mayarakat atau antar kultur yang berbeda didalam masyarakat tertentu. Penyebab bisa terjadi dari segi kuantitasnya yang bisa dilihat dari jumlah pendukung dan penganutnya.

Dalam sekelompok orang atau rakyat bisa diajak uantuk mengikuti beberapa tradisi tertentu. Yang mana kemudian akan mempengaruhi semua rakyat satu negara atau lebih sekala besarnya mencapai dunia.

Melihat dari egi kualitatif yaitu perubahan akan kadar gagasan ,simbol, tradisi dan nilai tertentu yang ditambahkan dan yang dibuang.

Baca Juga:  √ 45 Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Demikian penjelasan tentang Pengertian Tradisi, Tujuan, Fungsi Serta Penyebabnya, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.