√ Pengertian Yoga, Tujuan, Manfaat Beserta Jenisnya

Posted on

Pengertian Yoga, Tujuan, Manfaat Beserta Jenisnya – Pada kesempatan ini Studi News akan membahas tentang Pengertian Yoga. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian yoga, tujuan, manfaat beserta jenisnya dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih memudahkan dalam memahaminya berikut ini artikel tentang pengertian yoga.

Pengertian Yoga, Tujuan, Manfaat Beserta Jenisnya

Nama yoga berasal dari bahasa Sansekerta kuno yakni ‘Yuj’, yang memiliki arti Penyatuan diri atau Union. Dalam yoga terdapat 3 (tiga) makna yaitu Samadhi (Penyerapan), Yunakti (menghubungkan) dan Yojyanti (Pengendalian).

Yoga adalah ilmu yang mempelajari mengenai keterkaitan antara mental, spiritual dan fisik manusia dalam mencapai sistem kesehatan menyeluruh (Holistik) yang terbentuk dari kebudayaan India kuno.

Pengenalan yoga pada awalnya oleh seorang tokoh legenda dari India yang hidup 200-500 SM bernama Patanjali di dalam Buku Yoga Sutras.

Dalam hal ini yoga sebagai penyatuan dari jiwa spiritual dan universal atau pembatasan fikiran yang selalu bergerak. Dengan kata lain yoga merupakan suatu sistematis dalam menjalankan latihan rohani untuk meraih ketenangan batin dan menjalankan latihan fisik agar dapat meraih kesehatan jasmani dan rohani yang dinamakan Jiwan Mukti.

Tujuan Yoga

Adapun tujuan dari melakukan yoga yaitu untuk meluaskan kesadaran manusia sampai jauh dan bisa disamakan dengan kesadaran alam semesta. Dalam hal tersebut harus diraih dengan realisasi prinsip spiritual tubuh, prinsip fisik dan psychological yaitu kepribadian diri kitas sendiri yang benar dan abadi.

Baca Juga:  √ Pengertian Metode Demonstrasi, Tujuan, Kelebihan dan Kekurangannya

Manfaat Yoga

Terdapat beberapa manfaat dari melakukan yoga secara rutin dan teratur menurut Sindhu (2014:34), antara lain yaitu:

  • Bisa meningkatkan kapasitas paru-paru ketika bernafas
  • Bisa meningkatkan sirkulasi darah ke semua sel tubuh dan otak
  • Bisa membentuk postur tubuh yang lebih tegap, dan juga otot yang lebih kuat dan lentur
  • Bisa sebagai pembuang racun dari dalam tubuh (detoksifikasi).
  • Sebagai peningkat rasa percaya diri dan kemampuan untuk berpikir positif
  • Bisa meremajakan sel tubuh dan penghambat penuaan
  • bisa mengurangi ketegangan tubuh, pikiran, dan mental serta membuatnya lebih kuat ketika menghadapi stres
  • Sebagai pemberi kesempatan untuk merasakan relaksasi yang mendalam
  • Sebagai peningkat kesadaran pada lingkungan.

Pengertian Yoga Tujuan Manfaat Beserta Jenisnya

Jenis Yoga

Jenis yoga dapat dikategorikan menjadi beberapa jenis, hal ini dijelaskan menurut Giri (2006), diantaranya:

  • Hatha Yoga

Hatha yoga yaitu menggunakan sistem pelatihan dengan berbagai teknik dalam membentuk sikap tubuh (asana), dan di ikuti dengan pranayama (teknik pernapasan) untuk mencapai keseimbangan kedua kekuatan yang berbeda dalam tubuh. Kedua kekuatan tersebut seperti tubuh bagian kiri dan tubuh bagian kanan, energi positif dan energi negatif, tubuh bagian atas dan tubuh bagian bawah dan sebagainya.

  • Bhakti Yoga

Bhakti yoga yang mana berfokus pada diri untuk mengarahkan hati. Yoga jenis ini diajarkan agar mencintai alam dan beriman kepada Tuhan. Dimana dapat melihat kelebihan dari orang lain dan cara untuk menghadapi sesuatu.

  • Raja Yoga

Raja yoga dimana lebih pada penekanan teknik meditasi dan kontemplasi yang mengarah pada cara menguasai diri dan sekaligus menghargai diri sendiri dan sekitarnya. Raja yoga merupakan dasar dari yoga sutra.

  • Jnana Yoga

Jnana yoga yang lebih cenderung mencampurkan kepandaian dan kebijaksanan yang nantinya dapat memperoleh hidup yang bisa menerima semua filosofi dan agama.

  • Karma Yoga

Karma yoga dimana jenis yoga yang lebih percaya pada renkarnasi. Hal ini menjadikan seseorang yogis tidak egois sebab yakin bahwa tingkah lakunya pada saat ini berpengaruh pada kehidupan yang akan datang.

  • Tantra Yoga

Yoga jenis ini agak sedikit berbeda dari yoga yang lainnya, bahkan ada yang beranggapan bahwa yoga ini mirip dengan ilmu sihir. Adapun cara yoga ini terdiri atas kebenaran (kebenaran) dan hal yang mistik (mantra). Dan tujuan dari teknik yoga ini ialah agar dapat memberi penghargaan pelajaran dan pengalaman hidup.

Baca Juga:  √ Pengertian Apresiasi, Jenis, Fungsi, Tujuan dan Tahapnya (Lengkap)

Demikian penjelasan tentang Pengertian Yoga, Tujuan, Manfaat Beserta Jenisnya, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.