√ Pengertian Zat, Jenis, Sifat, Wujud dan Perubahannya

Posted on

Pengertian Zat, Jenis, Sifat, Wujud dan Perubahannya – Pada kesempatan ini Studi News akan membahas tentang Pengertian Zat. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian zat, jenis, sifat, wujud dan perubahannya dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih detailnya simak artikel tentang pengertian zat berikut ini.

Pengertian Zat, Jenis, Sifat, Wujud dan Perubahanny

Semua benda yang ada dialam adalah secara keseluruhan adalah zat. Apakah zat? Sesuatu yang memiliki massa dan menempati ruang disebut dengan zat. Dalam hal ini zat yang menempati ruang dan memiliki massa memiliki sifat yang berbeda-beda.

Jenis Zat

Berikut ini beberapa macam jenis zat, antara lain yaitu:

Zat Padat

Zat padat merupakan benda atau zat yang mempunyai volume dan bentuk yang tetap. Misalnya: batu, kelerang, balok kayu, tembok, genteng, tiang besi, dan lain sebagainya.

Adapun Sifat zat padat yakni

  • Bentuk benda yang tetap
  • Tidak dipengaruhi oleh tempat benda diletakkan.

Zat Cair

Zat cair adalah zat atau benda yang memiliki volume yang tetap tetapi bentuknya berubah-ubah sesuai dengan tempat (wadahnya). Contohnya; bensin dalam botol, teh dalam gelas, air minum dalam ceret, sirum dalam gelas, dan lain-lain.

Zat cair ini memiliki volume tetap namun bentuk berubah-ubah sesuai dengan yang ditempatinya.

Dalam partikel zat cair memiliki sifat yakni : Letaknya berdekatan, Susunannya tidak teratur, Gerakannya agak bebas sehingga dapat bergeser dari tempatnya, tetapi tidak lepas dari kelompoknya.

Baca Juga:  √ Pengertian Ekosistem, Komponen Pembentuk dan Tipenya Lengkap

Sedangkan sifat zat cair sebagai yaitu:

  • Banyak atau volume benda tersebut tetap, yang mana bila benda tersebut ditempatkan ke dalam berbagai wadah, banyak atau volumenya tetap.
  • Bentuk benda tersebut terbergantung dari bentuk wadahnya, bila dimasukkan ke dalam botol maka akan berbentuk botol. Dan bila dimasukkan kedalam mangkuk maka berbentuk akan mangkuk.

Zat Gas

Zat gas merupakan benda atau zat yang mempunyai bentuk dan voleme yang selalu berubah-ubah sesuai dengan wadah atau tempatnya. Seperti : ban sepeda, ban motor, balon, botol kosong, gelas kosong dan lainnya.

Pada zat gas sendiri memiliki ciri yakni volume dan bentuk berubah sesuai dengan tempatnya. Sedangkan pada partikel gas memiliki sifat yakni ialah Letaknya sangat berjauhan, Susunannya tidak teratur, Gerakannya bebas bergerak sehingga dapat bergeser dari tempatnya dan lepas dari kelompoknya dan dapat memenuhi ruangan.

Adapun sifat zat gas antara lain yaitu:

  • Volumenya tidak tetap, tergantung tempatnya
  • Bentuknya tidak tetap, tergantung bentuk wadahnya
  • Selalu memenuhi ruang.

Perubahan wujud zat

Pengertian Zat Jenis Sifat Wujud dan Perubahannya

Pada perubahan wujud zat dapat terjadi sebab perubahan secara fisika, dimana zat yang mengalami perubahan fisika dapat dikembalikan keasalanya. Hal tersebutlah yang membuat pembeda dengan perubahan kimia.

  • Sedangkan perubahan kimia merupakan perubahan yang menghasilkan zat baru dan tidak dapat dikembalikan kezat sebelumnya.
  • Sebaliknya perubahan fisika merupakan perubahan yang tidak menghasilkan zat baru dan masih bisa dikembalikan ke zat sebelumnya.

Dalam perubahan wujud zat dapat digolongkan menjadi 6 (enam) peristiwa, antara lain yaitu:

Membeku

Pada perubahan ini dimana wujud dari cair menjadi padat, yang mana peristiwa dapat terjadi sebab zat melepaskan energi panas. Seperti : logam cair yang membeku dan air menjadi es.

Baca Juga:  √ Pengertian Cerebrum (Otak Besar), Struktur dan Fungsinya

Mencair

Pada perubahan ini dimana wujud zat dari padat menjadi cair, hal ini dapat terjadi sebab zat memerlukan energi panas. Seperti : lilin meleleh dan es batu menjadi air.

Menguap

Pada perubahan ini terjadi apabila wujud dari cair menjadi gas, dimana dalam peristiwa ini zat memerlukan energi panas. Seperti : air yang dipanaskan akan lambat laun menguap.

Mengembun

Pada perubahan ini terjadi apabila wujud dari gas menjadi cair, yang mana dalam peristiwa dapat terjadi sebab zat melepaskan energi panas. Seperti : terjadinya embun pada pagi hari, uap air yang menjadi titik air.

Menyublim

Pada perubahan ini terjadi karena wujud dari padat menjadi gas, hal ini dapat terjadi karena zat memerlukan energi panas. Seperti : kapur barus yang disimpan di tempat terbuka lama-kelamaan menjadi habis.

Mengkristal

Pada perubahan ini terjadi karena adanya perubahan wujud dari gas menjadi padat, hal ini bisa terjadi bila zat melepaskan energi panas. Seperti : gas dari kapur barus dapat dipadatkan lagi melalui metode kristalisasi.

Demikian penjelasan tentang Pengertian  Zat, Jenis, Sifat, Wujud dan Perubahannya, semoga dapat bermanfaat.