√ Pengertian Permainan Softball, Sejarah dan Teknik Dasarnya

Posted on

Pengertian Permainan Softball, Sejarah dan Teknik Dasarnya – Pada kesempatan ini Studi News akan membahas tentang Softball. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian softball, sejarah, teknik dasar dan peralatan softball dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih detailnya simak penjelasan berikuti ini.

Pengertian Permainan Softball, Sejarah dan Teknik Dasarnya

Apakah Anda tahu yang dimaksud dengan softball?

Menurut Wikipedia softball atau dikenal dengan sofbol merupakan olahraga bola beregu yang terdiri dari dua tim.

Di Indonesia permainan softball mirip dengan permainan Bola Kasti. Permainan softball dimainkan oleh 9 orang pemain dan bermain dalam 7 inning (masing-masing regu mendapat giliran menjadi pemain bertahan dan menyerang masing-masing 7 kali).

Pengertian Permainan Softball

Pengertian softball atau sofbol yaitu olahraga bola beregu yang terdiri dari 2 (dua) tim. Dalam pemainan softball ada dua regu yang bertanding, dengan regu yang berjaga defensif dan regu yang memukul offensif.

Softball adalah perkembangan dari olahraga sejenis yaitu bisbol (baseball) hanya saja memiliki ukuran bola yang lebih besar berdiameter 28-30,5 cm dan tidak terlalu keras.

Permainan softball disebut juga Indoor-Baseball, yang termasuk olahraga beregu dikelompokkan ke dalam permainan bola pukul. Sekilas permainan ini mirip dengan permainan bola kasti, tetapi dalam permainan softball benar-benar membutuhkan ketangkasan dan menguras banyak pikiran. (Agus Mukholid, 2004:58)

Softball dimainkan oleh 9 (sembilan) orang pemain dan bermain dalam 7 inning, yaitu masing-masing regu mendapat giliran menjadi pemain bertahan dan menyerang masing-masing sebanyak 7 kali. Pergantian ini apabila regu bertahan berhasil mematikan pemain dari regu penyerang sebanyak 3 orang.

Cara memainkannya yaitu

  • Seorang pemukul melakukan pukulan terhadap bola yang dilemparkan oleh pelempar bola (pitcher). Bola dipukul dengan menggunakan alat pukul (bat).
  • Pelempar bola bertugas dari tengah lapangan, dimana anggota regunya bertugas juga di tiga home base, 4 di luar lapangan dan satu di home plate.
  • Seorang pemukul, harus berhasil mengelilingi semua base sebelum bola mengenai base yang ditujunya.
  • Pemukul dapat menolak lemparan bola yang dirasa tidak sesuai, akan tetapi
  • Lemparan yang ketiga harus dipukul. (Agus Mukholid, 2004:58)
Baca Juga:  √ Pengertian Indikator, Fungsi dan Macamnya (Bahasan Lengkap)

Sejarah Permainan Softball

Permainan softball adalah cabang olahraga yang dapat dimainkan oleh berbagai kalangan, putra-putri, anak-anak, maupun orang dewasa.

Permainan softball ini diciptakan oleh George Hancock pada tahun 1887 di Amerika Serikat dan pertama kali dimainkan di Chicago

Pada saat itu softball dikenal dalam bentuk permainan dalam ruangan atau ditempat tertutup. Namun pada tahun 1930 di ubah menjadi permainan di lapangan terbuka oleh H. Fiscer dan M.J Panley.

Dengan berkembangnya permainan ini di berbagai tempat, maka diperlukan peraturan-peraturan. Maka lahirlah Federasi Softball Internasional (ISF). Badan inilah yang membuat peraturan-peraturan tentang softball yang berlaku secara universal, baik di Indonesia maupun di Eropa.

Sampai tahun 1966 permainan softball di Indonesia masih dianggap sebagai olahraga kaum wanita, setelah Asean Games Bangkok barulah kaum pria bermain softball.

Pertama kali softball masuk agenda Pekan Olahraga Nasional (PON) di Indonesia pada penyelenggaraan PON ke VII di Surabaya. (Engkos Kosasih, 1993:314)

Teknik Dasar Bermain Softball

Menurut Endang Widyastuti (2013:17), mengatakan bahwa untuk dapat menjadi pemain softball yang baik haruslah menguasai teknik-teknik dasar yang menunjang permainan karena berkaitan dengan taktik dan strategi pertahanan dan penyerangan.

Keterampilan yang harus dimiliki tersebut antara lain teknik memegang bola, teknik melempar bola, teknik menangkap bola, teknik memegang alat pukul, teknik memukul, teknik berlari ke base, dan teknik sliding.

  1. Teknik Memegang Bola

Adapun macam-macam pegangan dalam memegang bola softball yaitu:

  • Pegangan Empat Jari atau Four Finger Grip
  • Pegangan Dua Jari atau Two Finger Grip
  • Pegangan Tiga Jari atau Three Finger Grip
  1. Teknik Melempar Bola

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam melempar bola yaitu melempar bola. Cara memegang bola softball diantaranya bola dipegang, beri jarak antara bola dengan telapak tangan sehingga terdapat rongga.

Baca Juga:  √ Pengertian Budidaya, Manfaat dan Contohnya (Bahasan Lengkap)

Kemudian jari telunjuk dan jari tengah digunakan untuk menekan bola, sedangkan ibu jari dan jari lainnya digunakan untuk menahan bola agar tidak jatuh. Pelambung bola dalam permainan softball disebut dengan pitcher.

Lemparan dalam permainan softball dibedakan menjadi 3 macam, yakni ;

  • Lemparan Atas (Overhand Throw)

Pada saat melempar bola, ayunan tangan ayunan tangan dan langkah kaki secara bersamaan dengan berat badan bertumpu pada kaki yang di depan, badan sedikit condong ke belakang.

  • Lemparan Samping (Sidehand Throw)

Dalam lemparan samping, lengan bawah sejajar dengan bahu dan sedikit lecutan pergelangan tangan.

  • Lemparan Bawah (Underhand Throw)

Lemparan bawah umumnya digunakan dalam keadaan darurat dan dilakukan dalam waktu yang cepat, posisi tubuh membungkuk dengan kedua kaki ditekuk.

  1. Teknik Dasar Menangkap Bola

Berdasarkan arah datangnya bola, teknik dasar menangkap bola dapat dibedakan menjadi 3 macam, yaitu :

  • Bola Atar (Straight Ball)

Posisi badan saat menangkap bola dengan teknik ini adalah berdiri, kaki kangkang, pandangan lurus ke depan ke arah datangnya bola, posisi kedua tangan siap di depan dada. Bola ditangkap dengan menggunakan tangan kiri yang memakai glove,sedangkan tangan kanan bersiap untuk melempar bola.

  • Bola Lambung

Posisi badan saat melakukan tekni yang satu ini adalah ditempatkan tepat di mana bola akan jatuh. Bola tersebut kemudian ditangkap dengan satu tangan atau dua tangan secara bersamaan.

  • Bola Menggelinding (Ground Ball)

Cara yang digunakan untuk menangkap bola yang menggelinding adalah dengan cara berlutut dan tangan yang memakai glove ditempatkan tepat pada arah datangnya bola, sedangkan tangan yang lainnya bersiap untuk menangkap dan melempar bola.

  1. Teknik Memegang Alat Pukul (Bat)

Adapun jenis-jenis teknik memegang bat bola softball yaitu:

  • Pegangan bawah
  • Pegangan tengah
  • Pegangan atas

Pengertian Permainan Softball Sejarah dan Teknik Dasarnya

  1. Teknik Dasar Memukul Bola

Teknik dasar memukul bola dapat dibedakan menjadi 2 pukulan, yakni sebagai berikut.

  • Pukulan swing

Sikap awal

Sikap awal dalam pukulan swing adalah berdiri dengan kedua kaki dijarangkan. Kemudian kaki kiri diputar mengarah lurus dengan pitcher. Berat badan bertumpu pada kedua kaki dan badan sedikit condong ke depan. Pemukul dipegang erat-erat oleh kedua tangan dan posisi memukul sedemikian rupa sehingga tepat di atas bahu. Pandangan lurus kearah datangnya bola serta lengan kanan lebih rendah dibandingkan lengan kiri.

Baca Juga:  √ 20 Pengertian Persepsi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Sikap Saat Memukul

Setelah bola dilempar oleh pitcher, selanjutnya bola segera dipukul secara tepat dengan mengayunkan pemukul ke arah datangnya bola yang dilemparkan. Posisi badan adalah kaki kanan sedikit ditekuk dan kedua tangan diluruskan.

Sikap Akhir

Setelah bola berhasi dipukul, selanjutnya gerakan ayunan bat sebagai gerakan lanjutan.

  • Pukulan Tumbuk (bunt)

Pengertian pukulan tumbuk adalah memukul bola tanpa harus mengayunkan pemukul tetapi cukup menahan arah datangnya bola sehingga bola akan jatuh dekat dengan si pemukul. Pada waktu pukulan tumbuk atau bunt, sikap kedua kaki cukup dengan posisi kaki disejajarkan dengan arah datangnya bola.

  1. Teknik Berlari ke Base atau Antar Base

  2. Teknik Sliding atau Meluncur

Peralatan dalam bermain Softball

Perlengkapan untuk dapat bermain softball dengan aman dan lancar. Peralatan yang digunakan bermain antara lain:

  1. Glove (pelindung tangan)

Sarung tangan (glove) dikenakan oleh seluruh pemain bertahan untuk menangkap bola, sementara first baseman dan catcher mengenakan mitt (glove mempunyai jari, sedangkan mitt tidak).

  1. Bola Softball

Minimal peralatan yang dibutuhkan dalam sebuah pertandingan softball termasuk sebuah bola. Softbol menggunakan bola berwarna kuning dengan benang rip berwarna merah, yang sebelumnya berwarna putih dengan grip putih.

  1. Pemukul (Bat)

Tongkat pemukul (bat) yang digunakan  dalam pertandingan resmi adalah bat khusus yang diperuntukkan untuk softball. Ketentuan pemakaian dan karakteristik bat yang boleh digunakan tertuang dalam peraturan Federasi Softball Internasional.

  1. Helm (Light guard)
  2. Body protector
  3. Masker
  4. Sepatu Pool (Cleats)
  5. Topi
  6. Seragam
  7. Lapangan Permainan Softball

Demikian penjelasan tentang Pengertian Permainan Softball, Sejarah dan Teknik Dasarnya. Semoga dapat bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan untuk Anda. Terimakasih.

Like Postingan Ini