√ Proklamasi yang Berkaitan Dengan Pembukaan UUD 1945

Posted on

Proklamasi yang Berkaitan Dengan Pembukaan UUD 1945 – Pada kesempatan ini Studi News akan membahas tentang Proklamasi Dengan Pembukaan UUD 1945. Yang mana dalam kesempatan kali ini menjelaskan hubungan teks proklamasi yang berkaitan erat dengan Pembukaan UUD 1945 dengan secara singkat dan jelas. Agar lebih mudah dalam memahaminya silahkan simak artikel dibawah ini.

Proklamasi yang Berkaitan Dengan Pembukaan UUD 1945

Sebagaimana kita ketahui bahwa pada tanggal 17 Agustus 1945 dimana diserukan Proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia. Dimana pada saat itu merupakan titik kulminasi atau puncak dari perjuangan bangsa Indonesia yang sudah berabad-abad lamanya yang berazas Pancasila.

Pokok Pikiran Dalam UUD 1945

Beberapa pokok-pokok pikiran tertuang di dalam pembukaan UUD 1945 yang terdiri dari :

  • Paham Negara persatuan;
  • Negara yang akan mewujudakan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia;
  • Negara berkedaulatan rakyat;
  • Negara berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa menurut dasar dari kemanusiaan yang adil dan beradab, dan dan merupakan jiwa Pancasila.

Proklamasi Berkaitan Dengan UUD 1945

Dalam hal ini proklamasi berkaitan sangat erat dengan pembukaan Undang – Undang Dasar 1945, sebab di dalamnya berisi:

  • Pembukaan Undang- Undang dasar 1945 merupakan penuangan jiwa proklamasi yakni jiwa pancasila.
  • Pembukaan dalam Undang- Undang Dasar 1945 yaitu uraian terperinci dari cita-cita luhur proklamasi kemerdekaan pada 17 Agustus 1945.

Dalam proklamasi kemerdekaan yaitu suatu ‘Proclamation of Independence’ tentu pembukaan UUD 1945 adalah pernyataan kemerdekaan yang mengandung cita-cita luhur proklamasi. Apabila mengubah pembukaan UUD 1945 berarti kita telah melakukan pembubaran NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia).

Baca Juga:  √ Pengertian Ideologi, Fungsi, Dimensi & Contohnya (Bahas Lengkap)

Dengan demikian bahwa pembukaan merupakan Deklarasi Kemerdekaan Indonesia yang memuat cita-cita luhur dari proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Tanpa adanya deklarasi sebuah proklamasi tidaklah memiliki arti proklamasi, sebab dengan tanpanya deklarasi tujuan akan proklamasi hanyalah sebuah kemerdekaan semata.

Namun bilamana adanya deklarasi baru akan memiliki adanya proklamasi yang melahirkan kemerdekaan yang menjadi sumber hukum dari terbrntuknya NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia).

Proklamasi yang Berkaitan Dengan Pembukaan UUD 1945

Isi Naskah Proklamasi Berkaitan UUD 1945

Dalam isi Naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945 berkaitan erat dengan Undang-Undang Dasar 1945, antara lain yaitu pada:

  • Alenia Pertama

(Kami Bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia)

Dalam isi naskah tersebut menjelaskan bahwa pada alenia 1 sampai pada alenia ke 3 pada pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.

  • Alenia Kedua

(Hal-hal yang mengenai pemindahan kekuasaan dan lain-lain diselenggarakan dengan seksama dan dalam tempo sesingkat-singkatnya).

Pada alenia ini yang mana adalah amanat tindakan yang harus segera dilaksanakan yaitu pembentukan negara Republik Indonesia yang berdasarkan oleh Pancasila dan termuat dalam Pembukaan UUD 1945 pada alenia ke 4.

Proklamasi Kemerdekaan, Undang- Undang Dasar 1945 dan Pancasila merupakan saru rangkaian yang tidak dapat dipisahkan. Oleh karena itu generasi muda yang harus mengisi kemerdekaan sebagaimana mestinya dan didalam jiwanya tertanam dengan kuat semangat akan mengamankan, mengamalkan dan pempertahankan Pancasila dan Undang- Undang Dasar 1945 didalam kehidupan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia).

Demikian penjelasan tentang Proklamasi yang Berkaitan Dengan Pembukaan UUD 1945, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.