√ Rumus Volume Kerucut dan Rumus Luas Kerucut Serta Contohnya

Posted on

Rumus Volume Kerucut dan Rumus Luas Kerucut Serta Contohnya – Pada kesempatan kali ini Studi News akan membahas tentang Rumus Kerucut. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan rumus volume kerucut dan luas kerucut serta contohnya dengan secara singkat dan jelas. Unutk lebih detailnya simak artikel berikut ini.

Rumus Volume Kerucut dan Rumus Luas Kerucut Serta Contohnya

Pengertian kerucut itu merupakan benda atau ruang yang beralas bundar dan merunjung sampai ke satu titik. Untuk dapat lebih memahaminya simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Kerucut

Kerucut adalah bangun ruang sisi lengkung yang menyerupai limas segi-n beraturan yang bidang alasnya berbentuk lingkaran.

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), kerucut yaitu gulungan meruncing dari kertas atau daun atau kelopak bamu untuk tempat kacang dan sebagainya.

Rumus Volume Kerucut

Karena bentuk dari alas kerucut yaitu lingkaran dan dibagian atasnya lancip seperti limas. Maka rumus dari volumenya pun akan mirip dengan tabung ataupun limas. Jika kita perhatikan, rumus volume dari kerucut menggunakan πr2 yang merupakan rumus daripada luas lingkaran. Sementara 1/3 x t digunakan pada rumus colume limas.

Maka untuk dapat mengetahui isi ataupun volume dari sebuah bangun ruang yang berbentuk kerucut kita dapat menggunakan rumus sebagai berikut:

Volume Kerucut = 1/3 x πr2 x t

Contoh Soal

Sebuah nasi tumpeng yang berbentuk kerucut mempunyai ukuran jari-jari (r) 9 cm dan tingginya adalah 14cm. Maka berapakah volume dari nasi tumpeng tersebut ?

Baca Juga:  √ Pengertian Diskon, Bruto, Tara, Netto, Untung, Rugi & Rumusnya

Jawab:

Volume Kerucut = 1/3 x πr2 x t

Volume Kerucut = 1/3 x 22/7 x 14 x 14 x 28

Volume Kerucut = 1/3 x 616 x 28

Volume Kerucut = 1/3 x 17248

Volume Kerucut = 5749,33  cm3

Volume dari nasi tumpeng itu ialah 5749,33cm3

Rumus Luas Kerucut

Luas Kerucut = Luas Selimut + Luas Lingkaran

Luas selimut = π r s dimana s adalah garis miring tabung

Nilai s sebenarnya dapat dicari dari phytagoras jari-jari dengan tinggi s = Rumus Volume Kerucut dan Rumus Luas Kerucut Beserta Contohnya. Sehingga rumus luas kerucut menjadi :

Luas Kerucut = π r s + π r2 = π r (r+s)

bisa juga seperti di bawah ini :

Luas Kerucut = π r(r+Rumus Volume Kerucut dan Rumus Luas Kerucut Beserta Contohnya)

r = jari-jari

t = tinggi

π = 3,14 atau 22/7

Rumus Luas Kerucut sendiri dibagi menjadi 3 (tiga) turunan yang antara lain, yaitu Rumus Luas Alas Kerucut, Rumus Luas Permukaan Kerucut dan Rumus Luas Selimut Kerucut.

Rumus Luas Alas Kerucut

Untuk penjelasan Cara Menghitung Rumus Luas Alas Kerucut sebenarnya sangat mudah dan simpel sekali. Karena dibutuhkan data jumlah jari–jari yang ada disetiap Soal Matematika Kerucut dan Rumus Menghitung Luas Alas Kerucut ini dapat anda lihat dibawah ini.

L = π.r²

Rumus Luas Permukaan Kerucut

Untuk cara Menghitung Rumus Luas Permukaan Kerucut sendiri merupakan perpaduan antara Rumus Luas Alas Kerucut + Rumus Luas Selimut Kerucut yang menghasilkan Rumus Luas Kerucut seperti dibawah ini.

L = π.r² + π.r.s atau

L = πr. (r + s)

Rumus Luas Selimut Kerucut

Dan kemudian untuk Cara Menghitung dan Mencari Rumus Luas Selimut Kerucut dilakukan dengan menggunakan Rumus Matematika Kerucut yaitu seperti dibawah ini.

L = π.r.s

Sedangkan untuk kode rumus π mempunyai nilai sebesar = 3,14 atau 22/7 dan nilai tersebut sudah paten. Sehingga tidak bisa di ganti–ganti dan untuk t bertindak sebagai Tinggi, r (jari-jari) dan s alas kerucut.

Baca Juga:  √ Pengertian Segitiga Sama Sisi, Rumus, Gambar dan Contohnya

Rumus Volume Kerucut dan Rumus Luas Kerucut Serta Contohnya

Contoh Soal

Luas selimut : π × r × s

Contoh soal : Sebuah benda kerucut diketahui mempunyai r=14 dan sisi miring (s)=20, berapakah luas selimut kerucut tersebut?

jawab :

π × r × s

22/7 × 14 × 20

44 × 20 = 880

Luas permukaan : π × r (s + r)

Contoh soal : Diketahui sebuah kerucut mempunyai ukuran jari jari = 14 dan sisi miring (s)= 20, berapakah luas permukaan kerucut tersebut?

jawab :

π × r (s + r)

22/7 × 14 (20 + 14)

22 × 2 (34)

44 × 34 = 1496

Demikian penjelasan tentang Rumus Volume Kerucut dan Rumus Luas Kerucut Serta Contohnya. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Terima kasih.