√ Pengertian Seni Rupa Terapan, Fungsi, Jenis dan Contohnya

Posted on

Pengertian Seni Rupa Terapan, Fungsi, Jenis dan Contohnya – Pada kesempatan ini Studi News akan membahas tentang Seni Rupa Terapan. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian senirupa terapan, jenis dan contoh senirupa terapan dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih mudah memahaminya silahkan simak artikel berikut ini.

Pengertian Seni Rupa Terapan, Fungsi, Jenis dan Contohnya

Pada dasarnya seni rupa terapan sudah ada sejak zaman nenek moyang kita dulu. Seni rupa terapan sudah sangat berkembang pada zaman kerajaan. Terutama pada reknik peleburan pada jenis logam. Banyak sekali penemuan tentang peninggalan sejarah yang termasuk dalam kerya seni rupa terapan.

Pengertian Seni Rupa Terapan

Seni rupa terapan adalah benda hasil karya seni rupa yang dapat digunakan dalan kegiatan sehari – hari memiliki fungsi serta kegunaan tertentu dan pasti memiliki nilai seni. Seni rupa terapan terbentuk dalam dua jenis yakni seni rupa terapan dua dimensi dan seni rupa terapan tiga dimensi. Dari pengertian tersebut kita bisa mengerti bahwa benda-benda yang ada di sekitar kita merupakan hasil karya seni.

Fungsi Seni Rupa Terapan

Terdapat dua fungsi pada karya seni rupa terapan, yakni fungsi praktik dan fungsi estetika. Berikut penjelasannya.

Baca Juga:  √ Pengertian Seni Kriya, Sejarah, Fungsi, Jenis dan Contohnya

Fungsi Praktik

Fungsi praktik adalah karya seni yang mempunyai tujuan utama untuk dipakai dalam kehidupan sehari – hari. Contohnya kursi, meja, lemari dan lain sebagainya.

Fungsi Estetika

Fungsi estetika adalah fungsi yang bertujuan hanya untuk keindahan atau hanya untuk hiasan. Contohnya guci, vas bunga, hiasan dinding berganbar batik dan semacamnya.

Jenis Seni Rupa Terapan

Terdapat beberapa jenis seni rupa terapan, antara lain yaitu:

Seni Dekorasi

Seni dekorasi adalah seni rupa terapan yang bertujuan untuk menghias suatu tempat, panggung untuk suatu acara atau menghais suatu rungan.

Seni ilustrasi

Seni ilustrasi adalah seni rupa terapan yang berupa gambar atau foto untuk menjelaskan sesuatu agar lebih mdah memahami suatu bacaan. Fungsi ini biasanya kita temui dalam buku – buku fiksi ataupun non fiksi.

Seni Grafis Terapan

Seni grafis terapan adalah seni rupa terapan yang berfungsi sebagai media komunikasi yang berupa gambar.

Seni Kriya Terapan

Seni kriya terapan adalah seni rupa terapan yang biasa di gunakan dlam kehidupan sehari – hari akan tetapi memiliki nilai seni.

Seni Arsitektur

Seni arsitektur adalah benda yang berupa bangunan, tempat ibadah, gedung dan lain sebagainya.

Contoh Seni Rupa Terapan

Berikut ini adalah beberapa contoh seni rupa terapan, diantaranya sebagai berikut:

Keramik

Keramik adalah barang hasil karya seni rupa terapan hasil pembakaran tanah liat yang telah dibentuk dengan manual atau dengan memanfaatkan teknologi. Contohnya porselin, gerabah, guci dan lain sebagainya.

Kulit

Adapun seni rupa terapan dari kerajinan kulit yang sangat banyak. Mulai dari sepatu, jaket, sabuk atau tali pinggang, tas dan lain sebagainya. Jawa Barat dan Yogyakarta merupakan salah satu kota terbesar penghasil kerajinan kulit.

Baca Juga:  √ Seni Ukir : Pengertian, Jenis, Teknik dan Motifnya (Lengkap)

Pengertian Seni Rupa Terapan Fungsi Jenis dan Contohnya

Batik

Bati adalah kain yang digambar dengan khusus, dengan cara menuliskan atau menerakan malam pada kain tersebut. Batik Indonesia sudah mendapatkan pengakuan dan ditetapkan sebagai Masterpieces of the Oral and Intaghible Heritage of Humanity oleh UNESCO sejak tanggal 2 oktober 2009.

Di Indonesia banyak pengrajin batik yang tersebar di berbagai daerah dan mempunyai ciri khas masing – masing disetiap daerah. Produk batik yang banyak di kenal yakni batik Pekalongan, Solo dan masih banyak lagi.

Anyaman

Anyaman adalah rangkaian serat yang membentuk sebuag benda. Bahan dari anyaman biasanya berasal dari serat – serat tumbuhan. Akan tetapi sekarang banyak kita temui anyaman yang berasal dari plastik. Contohnya keset, kursi, keranjang dan lainnya.

Ukiran Batu

Seni ini banyak sekali kita temui akan tetapi biasanya ukiran batu dijadikan benda yang digunakan sekali saja. Tidak dapat di pindahkan karena berat yang lumayan. Contohnya ornamen rumah, hiasan dinding, candi – candi dan lain sebagainya.

Logam

Karya seni yang berskala dari logam cukup populer di Negara kira sejak zaman dahulu. Ini terlihat dari banyaknya peninggalan sejarah yang berupa benda yang terbuat dari logam. Sekarang banyak sekali pengrajin logam, contohnya di Kotagede, Yogyakarta.

Di sana banyak sekali pengrajin perak. Banyak benda yang terbuat dari perak, seperti perhiasan yang di pakai, hiasan rungan, perabot rumah tangga dan lain sebagainya. Tembaga dan kuningan juga termasuk logam biasa di jadikan karya seni terapan.

Ukiran Kayu

Karya seni yang satu ini merupakan karya seni yang melekat dikalangan masyarakat melayu. Di Indonesia, daerah yang terkenal dengan ukiran kayunya ialah Jepara.

Demikian penjelasan tentang Pengertian Seni Rupa Terapan, Fungsi, Jenis dan Contohnya. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Terima kasih.