Uang adalah : 20 Pengertian Menurut Para Ahli

Uang adalah : 20 Pengertian Menurut Para Ahli – Di dalam melakukan segala pekerjaan pastinya kita menginginkan imbalan atau balasan yang akan dapat membuat kita terpenuhi keinginan barang atau jasa yang di inginkan.

Dengan adanya uang maka semua keinginan yang kita inginkan akan kita dapatkan dengan cara membelinya. Dengan begitu maka akan dapat dengan mudah kita melakukan transaksi. Untuk mengerti apa itu uang akan di jelaskan oleh para ahli sebagai berikut.

Uang adalah : 20 Pengertian Menurut Para Ahli

Mari kita bahas pengertian uang dengan detail dari para ahli.

Pengertian Uang Menurut Para Ahli

Uang di artikan oleh para ahli sebagai berikut:

1. Albert Gailort Hart

Pengertian uang menurut Albert Gailort Hart adalah suatu kekayaan yang oleh pemiliknya bisa digunakan untuk melakukan transaksi ataupun membayar hutang dengan segera dan tidak adanya tunda menunda.

2. R.S Sayers

Pengertian uang menurut RS Sayear adalah segala sesuatu yang umum diterima dalam masyarakat sebagai pembayaran utang.

3. Robertson

Uang merupakan sesuatu yang umum dan bisa diterima untuk melakukan transaksi pembayaran barang dan jasa.

4. Rolling G. Thomas

Pengertian uang menurut R. G. Thomas tertuang dalam bukunya yang berjudul Our Modern Banking and Monetary System, ia mengatakan bahwa “money is something that is readily and generally accepted by public in payment for goods, services and other valuable assets and for the payments for debts, yang artinya menyatakan bahwa “uang ialah suatu benda yang dengan mudah dan umum diterima oleh masyarakat untuk pembayaran pembelian barang, jasa dan barang berharga lainnya serta untuk pembayaran utang”.

5. A. C. Pigou

Definisi uang menurut A. C. Pigou tertuang dalam bukunya yang berjudul the Veil of Money “money are those things that are widely used as a media for exchange” yang artinya menyatakan bahwa “uang ialah segala sesuatu yang umum dipergunakan sebagai alat penukar”.

6. George Simmel

Uang memiliki kemampuan untuk mentransformasikan dan mengubah dunia sosial pada dunia aritmatik dan sebagai sarana reifikasi paling murni.

7. George N. Halm

Pengertian uang menurut george n halm adalah suatu alat yang digunakan untuk mempermudah dan memperlancar pertukaran dan untuk mengatasi segala kesulitan dalam melakukan barter atau transaksi.

8. Dennis Home Robertson

Uang menurutnya dalam bukunya yang berjudul Money mengatakan bahwa “money is something accepted in payment for goods” yang artinya menyatakan bahwa “uang ialah segala sesuatu yang dapat diterima dalam pembayaran untuk mendapatkan barang

9. Tri Kunawangsih & Anto Pracoyo

Definisi uang menurut Tri Kunawangsih & Anto Pracoyo adalah alat tukar yang diterima oleh masyarakat sebagai alat pembayaran yang saha atas kesatuan hitungnya.

10. Anto Pracoyo & Tri Kunawangsih

Uang ialah sebagai alat tukar yang mampu untuk dipergunakan oleh para pelaku ekonomi global pada umumnya.

11. Walker

Uang adalah “money is what money does”, yang artinya uang ialah semua hal yang dapat dilakukan oleh uang itu, dengan kata lain uang ialah uang karena fungsinya sebagai uang dan bukan karena fungsi-fungsi yang lain

12. Irma Rahmawati

Definisi uang dikemukakan oleh Irma Rahmawati adalah suatu benda yang mampu untuk disetujui oleh seluruh lapisan masyarakat sebagai alat untuk penukaran dalam perdagangan.

13. Rismsky K. Judisseno

Uang adalah satu media yang mampu untuk diterima yang digunakan oleh setiap pelaku ekonomi atau pun pelaku pasar uang guna mempermudah pada saat bertransaksi.

14. Hukum

Pengertian dan definisi uang menurut hukum adalah benda yang merupakan alat pembayaran yang sah, secara fungsional uang ialah suatu benda yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran, bila dilihat menurut nilainnya, uang itu merupakan satuan hitungan yang dapat menyatakan sebuah nilai.

15. Ensiklopedia Indonesia

Uang adalah segala sesuatu hal yang dapat digunakan dan juga umumnya dapat diterima sebagai alat penukar atau sebagai alat standar dalam pengukur sebuah nilai, seperti, pengukur standar uang, garansi penanggung utang serta sebagai pengukur standar daya beli.

16. Mankiw

Pengertian uang yang dikemukakan oleh Mankiw adalah persediaan aset yang bisa dengan segara digunakan untuk melakukan transaksi, selain itu uang merupakan segala sesuatu yang dapat dipakai atau diterima untuk melakukan pembayaran baik barang, jasa maupun hutang, uang memiliki satu tujuan fundamental dalam sistem ekonomi, memudahkan pertukaran barang dan jasa, mempersingkat waktu dan usaha yang diperlukan untuk melakukan perdagangan.

17. Kasmir

Uang adalah alat tukar menukar, dalam hal ini uang digunakan sebagai alat untuk membeli atau menjual suatu barang maupun jasa. Dengan kata lain uang dapat dilakukan untuk membayar terhadap barang yang akan dibeli atau diterima sebagai akibat dari penjualan barang dan jasa.

18. KBBI

Uang adalah alat penukar atau standar pengukur niali “kesatuan hitungan” yang sah dikeluarkan oleh pemerintah suatu negara berupa kertas, emas, perak atau logam lain yang dicetak dengan bentuk dan gambar tertentu.

19. Wikipedia

Uang adalah sebagai sesuatu yang tersedia dan secara umum diterima sebagai alat pembayaran bagi pembelian barang-barang dan jasa-jasa serta kekayaan berharga lainnya serta untuk pembayaran hutang.

20. Adam Smith

Pengertian uang menurut adam smith adalah media penukaran, namun uang tidak dibutuhkan untuk uang itu sendiri. Maksudnya, ialah uang diciptakan untuk memperlancar pertukaran dan penetapan nilai yang wajar dari pertukaran tersebut, dan uang bukan merupakan sebuah komoditi.

16 Pengertian Uang Menurut Para Ahli Lengkap

Sekianlah penjelasan mengenai Uang adalah : 20 Pengertian Menurut Para Ahli yang di jelaskan oleh studinews. Dengan adanya uang akan dapat membuat semua kebutuhan Manusia dapat terpenuhi dan dapat terpuaskan. Semoga bermanfaat.