√ Pengertian VPN Beserta Manfaat & Fungsinya (Pembahasan Lengkap)

Posted on

Pengertian VPN Beserta Manfaat & Fungsinya (Pembahasan Lengkap) – Jaringan internet saat ini sangatlah berguna dan sangat di butuhkan oleh para perusahaan, pebisnis, organisasi, lembaga, ataupun orang biasa dan public.

Dengan menggunakan jaringan internet kita dapat mengirimkan data atau informasi yang kita miliki kepada orang lain. Akan tetapi banyak yang dapat menggunakan data atau mencuri data yang kita miliki ketika kita melakukan pengiriman.

Maka dari itu di perlukan jaringan VPN untuk dapat mengirimkan datanya karena pada VPN terdapat beberapa fitur yang dapat membantu para penggunanya. Untuk dapat mengerti tentang apa itu VPN akan di jelaskan sebagai berikut.

Pengertian VPN Beserta Manfaat & Fungsinya (Pembahasan Lengkap)

Mari kita bahas pengertian VPN terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian VPN

VPN merupakan suatu singkatan dari “Virtual Private Network” yang merupakan suatu koneksi yang terjadi di antara satu jaringan dengan jaringan lainnya dengan cara privat dengan menggunakan jaringan internet atau public. “Virtual Private Network” atau VPN di katakan sebagai jaringan yang menggunakan jaringan internet yang jad media perantaranya atau menjadi koneksinya bukanlah secara langsung.

Menjadi privat network karena memiliki sifat pribadi atau privat yang membuat orang tertentu saja yang dapat masuk dan mengaksesnya. Mengirim data menggunakan VPN akan terenkripsi yang membuat pengiriman datanya cukup aman dan akan terjaga rahasianya walaupun mengirimkannya dengan menggunakan jaringan internet.

Baca Juga:  Pengertian Hardware (Perangkat Keras), Fungsi, Jenis, Contoh Terlengkap

Manfaat VPN

VPN memiliki manfaat yang diantaranya adalah:

Remote Access

Yang di maksudkan adalah dengan menggunakan jaringan ini kita dapat mengakses komputer atau jaringan kantor dari manapun selama kita terhubung ke jaringan internet public.

Keamanan

Yang di maksudkan adalah dengan menggunakan koneksi ini kita dapat browsing dengan aman di saat kita mengakses jaringan internet public seperti pada hotspot atau internet yang ada di tempat umum seperti café.

Menghemat biaya setup jaringan

Yang di maksudkan adalah dengan menggunakan VPN ini dapat menjadi alternative bagi kita untuk menghubungkan jaringan local yang cukup luas dengan uang atau biaya yang sangat terjangkau. Hal ini teradi karena transminis yang di gunakan oleh VPN menggunakan media jaringan internetatau public yang telah ada sebelumnya tanpa harus memasang jaringan sendiri.

Fungsi VPN

VPN memiliki fungsi sebagai berikut:

Kerahasiaan (Confidentially)

VPN adalah suatu teknologi yang di dalamnya menggunakan jaringan internet atau public yang akan sangatlah rawan dalam pencurian data atau informasinya. Di saat seperti itulah VPN datang dengan memakai metode enkripsi untuk dapat mengacak data yang lewat.

Enkripsi data itu akan membuat keamanan data terhadap pencurian dan penyadapan datanya akan terjamin. Walau ada pihak-pihak yang dapat menyadap dan melewati jaringan internet dari VPN akan tetapi belum pasti orang tersebut dapat mencuri data atau informasi yang kita miliki.

Keutuhan data (Data Integrity)

Keunggulan VPN dengan teknologinya yang daatmenjaga keutuhan dari informasi atau data yang di mulai dari data tersebut terkirim hingga data yang di maksud mencapai tujuannya. Ini membuat data akan aman saat di perjalanan dan dapat terhindar dari segala gangguan seperti rusak, hilang, atau dapat di manipulasikan.

Baca Juga:  √ 8 Pengertian Internet Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Autentikasi sumber (Origin Authentication)

Authentikasi yang di miliki VPN terhadap sumber saat megirimkan data yang akan di terima sangat baik. Sehingga VPN dapat melakukan suatu pemeriksaan kepada data yang akan masuk dan juga mengakses informasi dai sumbernya dengan menggunakan alamat dari sumber data tersebut yang akan di setuju jika proses authentikasi tersebut berhasil.

Pengertian VPN Beserta Manfaat Dan Fungsinya Lengkap

Kelebihan Dan Kekurangan VPN

VPN sendiri memiliki kelebihan dan juga kekurangannya yang diantaranya adalah:

Kelebihan VPN

VPN memiliki kelebihan sebagai berikut:

  1. Dapat menjadi solusi biaya yang lebih efektif pada suatu organisasi yang telah memiliki fasilitas jaringan komputer.
  2. Dapat menjadi mobilitas di suatu organiasi atau bisnis dengan langsung menghubungkannya dengan jaringan rumah atau di mobile yang di miliki oleh para pegawai di perusahaan tersebut.
  3. Menjadi pengaman file atau informasi yang di kirimkan.

Kekurangan VPN

VPN memiliki kekurangan yaitu adalah di karenakan penyedia akses kepara pegawai secara global maka faktor keaanan menjadi suatu resiko yang membuat informasi yang di terima atau di kirimkan menjadi sensitive dari organiasi atai dari perusahaan yang dapat di akses dengan global di karenakan dengan menggunakan suatu jaringan VPN memerlukan perhatian khusus untuk dapat menetapkan system keamanan yang lebih baik lagi.

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian VPN Beserta Manfaat & Fungsinya (Pembahasan Lengkap) yang di jelaskan oleh studinews. Dengan menggunakan jariangan VPN ini kita dapat mengirimkan data atau informasi dengan baik dan aman. Semoga bermanfaat.

5 (100%) 7 votes