√ Pengertian Hacker Dan Jenis-Jenis Hacker (Pembahasan Lengkap)

Posted on

Pengertian Hacker Dan Jenis-Jenis Hacker (Pembahasan Lengkap) – Mengoperasikan komputer pada jaman sekarang ini merupakan suatu yang harus dapat di kuasai setidaknya beberapa aplikasi atau softwarenya saja guna membantu pekerjaan kita.

Didalam menggunakan komputer pastinya akan memiliki keahlian sebagai user atau pengguna saja dengan menggunakan apa saja program atau keunggulan yang di miliki oleh si komputer tersebut yang hanya dapat membuat pekerjaan yang di miliki cepat selesai.

Akan tetapi banyak si pengguna komputer yang menjadi hacker yang dapat menguasai sistemoperasi komputer dengan sangat baik dan sangat mengetahui bacaimana cara memasukinya. Untuk mengerti lagi mengenai hacker dapat di jelaskan sebagai berikut.

Pengertian Hacker Dan Jenis-Jenis Hacker (Pembahasan Lengkap)

Mari kita bahas lengkap pengertian hacker terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Hacker

Hacker merupakan seseorang yang mempunyai keahlian dengan berkenaan system komputer dan juga pemograman. Hacker merupakan istilah yang telah mengalami perkembangan pengertian yang kemudian pada tahun 1970, istilah hacker mulai di gunakan untuk dapat menggambarkan pada era revolusioner komputer yang selanjutnya menjadi cikal bakal para pendiri suatu perusahaan komputer.

Pada akhir tahun 1980, kata hacker identic dengan suatu pembajakan video game dengan cara menghilangkan proteksi dan selajutnya menjualnya. Di saat ini banyak sekali artian negative tentang hacker yang merupakan seseorang yang dapat menerobos usatu system komputer untuk dapat mengumpulkan suatu informasi, menghapus file, menolak akses, atau dapat juga mengacaukan system komputer.

Baca Juga:  √ Pengertian Intranet, Fungsi, Manfaat dan Contohnya (Lengkap)

Pengertian yang negative dari hacker tidaklah semuanya benar walaupun memang ada beberapa jenis hacker yang menggunakan akemampuannya untuk dapat melakukan hal tersebut. hacker ini dapat di sebut dengan cracker. Banyak para hacker yang aktivitasnya adalah mengamankan suatu system komputer yang di milikinya untuk tidak dapat untuk di susupi oleh program-program jahat.

Jenis-Jenis Hacker

Berikut adalah beberapa jenis hacker yang di kelompokkan berdasar jenis aktivitasnya diantaranya:

1. White Hat Hacker

White hat hacker merupakan suatu hacker yang memiliki pegangan teguh akan standar etika, akses masuk ke dalam system komputer dapat di lakukan tidak untuk tujuan yang merugikan akan tetapi untuk dapat menguji suatu ketahanan sistem tersebut. pada dasarnya hacker ini akan senang untuk mempelajari system yang bahkan banyak dari mereka semua dapat di sewa menjadi konsultan keamanan. White hat hacker ini merupakan hacker yang sebenarnya.

2. Black Hat Hacker

Black hat hacker merupakan suatu jenis hacker yang melakukan aktivitasnya berupa menerobos suatu system keamanan komputer untuk dapat melakukan kerusakan seperti dapat menghapus file, penipuan kartu kredit, pencurian identitas, dan melakukan berbagai aktivitas yang merugikan yang lainnya. Hacker yang jenis ini merupakan jenis cracker.

3. Grey Hat Cracker

Grey hat cracker merupakan orang yang dapat mengatur standar etika yang ganda di dalam sautu aktivitas hackingnya. Dengan sekali waktunya mungkin hacker ini dapat menjunjung tinggi etika hacker akan tetapi pada waktu tertentu dapat lain lagi aktivitasnya melanggar batasan hukumnya. Maka hacker jenis ini dapat menjadi white hat hacker dan dapat juga menjadi black hat hacker.

Pengertian Hacker Dan Jenis-Jenis Hacker Lengkap

4. Scrip Kiddie Hacker

Scrip kiddie Hacker merupakan seseorang yang tidaklah mahir di dalam system komputer akan tetapi orang ini dapat menerobos suatu system komputer dengan menggunakan software atau tools yang di buat oleh orang lain.

Baca Juga:  √ Pengertian Web Server, Fungsi, Jenis, Cara Kerja, Contoh, Kelebihan & Kekurangan

5. Hacktivist Hacker

Hactivis hacker merupakan suatu jenis hacker yang dapat menggunakan kemampuannya untuk dapat menyebarkan suatu pesan-pesan tertentu yaitu politik, agama, ideologi, dan yang lainnya. Mereka semua melaukan suatu website deface yang dapat berguna menampilkan pesan mereka di dalam website korban.

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian Hacker Dan Jenis-Jenis Hacker (Pembahasan Lengkap) yang di jelaskan oleh studinews. Dengan mengerti apa saja jenis hacker itu kita dapat mengerti apa saja yang di lakukan oleh si hacker tersebut. semoga bermanfaat.

5 (100%) 5 votes