√ Pengertian SEO, Sejarah, Tujuan, Manfaat dan Konsep Dasar SEO

Posted on

Pengertian SEO, Sejarah, Tujuan, Manfaat dan Konsep Dasar SEO – Dalam dunia internet, website, dan segala yang berhubungan dengan trafik kunjungan kita sering mendengar istilah SEO. Dengan bantuan Seo maka blog, situs, website yang kita miliki kemungkinan besar bisa berada di halaman pertama pencarian di mesin pencari. Lalu apakah sebenarnya SEO itu? Pada kali ini kami akan menjelaskan tentang SEO, sejarah SEO, manfaat SEO dan konsep dasar SEO dengan lengkap dan mudah dipahami. Agar lebih rincinya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian SEO, Sejarah, Tujuan, Manfaat dan Konsep Dasar SEO

Mari kita bahas pengertian SEO terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian SEO (Search Engine Optimization)

Menurut Wikipedia, SEO yang merupakan singkatan dari bahasa Inggris Search Engine Optimization adalah rangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengna memanfaatkn mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut.

Dengan pengertian lain SEO adalah upaya dalam mengoptimasi suatu website untuk mesin pencari agar memperoleh peringkat yang lebih baik pada hasil pencariannya. Dalam mesin pencari memakai suatu algoritma tertentu dalam mengurutkan website-website dengan menggunakan rangking atau berdasarkan rangkingnya.

Hubungannya dengan SEO adalah, ketika kita mempraktekkan SEO artinya kita sudah menyesuaikan website kita untuk lebih bersahabat dengan algoritma tersebut.

Sejarah SEO

Istilah SEO awalnya muncul pertama kali digunakan pada 26 Juli 1997 dalam suatu pesan spam (sampah) yang diposting di Usenet. Di masa itu algoritma mesin pencari belum secanggih sehingga masih mudah untuk dimanipulasi.

Baca Juga:  √ Pengertian HTTP, Fungsi HTTP, Cara Kerja, Contoh HTTP (Lengkap)

Versi awal algoritma pencarian sepenuhnya berdasar pada informasi yang disediakan oleh webmaster dengan meta tag pada kode html situs web mereka. Meta tag menyediakan informasi tentang isi yang terkandung dalam sebuah halaman web dengan rangkaian kata kunci atau keyword.

Beberapa webmaster memanipulasi dengan cara menuliskan kata kunci (keyword) yang tidak sesuai dengan konten (isi) situs yang sebenarnya, menjadikan mesin pencari salah dalam menempatkan dan memeringkat situs tersebut. Hal ini menjadi sebab hasil pencarian menjadi tidak akurat dan membuat kerugian baik untuk mesin pencari ataupun untuk pengguna internet yang tentu berharap informasi yang relevan dan berkualitas.

Kemudian Larry Page dan Sergey Brin, yang dahulu mahasiswa doktoral ilmu komputer Universitas Stanford, berupa mencari solusi permasalah yang muncul dengan membangun Backrub, suatu mesin pencari sederhana yang mengandalkan perhitungan matematika dalam memeringkat halaman web.

Algoritma tersebut dinamakan dengan PageRank, yaitu fungsi matematika yang kompleks dalam bentuk kombinasi antara perhitungan jumlah link yang mengarah pada suatu halaman web dengan analisis terhadap kualitas masing-masing link tersebut.

Backrub merupakan suatu permulaan, di tahun 1998 Page dan Brin mendirikan Google yang merupakan versi selanjutnya dari Backrub. Dengan waktu yang singkat Google mendapatkan reputasi dan kepercayaan dari pengguna internet diseluruh dunia karena berhasil memberikan hasil pencarian yang berkualitas (tidak dimanipulasi), cepat, dan sesuai (relevan). PageRank selanjutnya menjadi standar untuk mesin pencari ataupun pada webmaster yang berupaya agar situs webnya mendapatkan nilai PageRank yang tinggi sehingga menjadikan posisi situs web nya tertinggi pada hasil pencarian.

Tujuan SEO

Tujuan dari SEO (Search Engine Optimization) yaitu menempatkan suatu web/situs/bog pada posisi teratas didalam hasil pencarian atau setidaknya masuk dihalaman pertama dengan berdasarkan kata kunci yang ditargetkan. Dengan suatu logika, apabila website/blog/situs menempati posisi teratas pada hasil pencarian maka website/situs/blog tersebut mempunyai peluang besar untuk mendapatkan pengungjung atau trafik.

Baca Juga:  √ Pengertian Scanner Beserta Jenis Scanner Lengkap

Di masa sekarang kebutuhan SEO sangat penting terutama dalam dunia bisnis atau tujuan lain. Seperti misalnya seorang blogger yang mempunyai skil tentang SEO tentu berharap web atau situsnya bisa berada di halaman pertama hasil pencarian pada mesin pencari. Dengan begitu peluang untuk mendapatkan kunjungan tentu sangat besar dan menyebabkan blog atau web/situsnya banyak dikunjungi oleh trafik organik dan ujungnya adalah bisa dijadikan untuk mendapatkan penghasilan dari para pengiklan atau yang paling terkenal adalah dari google adsense.

Manfaat SEO

Dengan menerapkan atau mempraktekkan teknik SEO yang benar, maka ada beberapa manfaat antara lain:

  • Website/situs/blog yang diterapkan SEO tentu peluang mendapatkan kunjungan atau trafik tinggi
  • Mendatangkan pembeli lebih banyak (toko online, market place dan lain-lain)
  • Setelah menerapkan SEO yang benar dan web bisa diposisi halam pertama hasil pencarian tentu mendatangkan keuntungan dari segi ekonomi seperti jika melakukan penjualan online maka peluang terbelinya suatu produk akan lebih besar daripada web yang tidak tidak di optimasi SEO nya.
  • Dan lain sebagainya

Pengertian SEO, Sejarah SEO, Tujuan SEO, Manfaat SEO, Konsep Dasar SEO

Konsep Dasar SEO

Google (dan mesin pencarian sejenisnya) merupakan suatu produk. Mesin pencari menginginkan agar orang lain bisa puas menggunakan produk yang mereka bangun.

Pengguna menginginkan agar website/situs/blog terbaik yang relevan dengan hasil pencarian pada halaman pertama. Sehingga sebab itu, mesin pencari selalu berupaya menampilkan hasil terbaik di setiap kata kunci (keyword) yang diketikkan pengguna. Sehingga inti dari SEO yaitu menjadikan website/situs/blog anda yang terbaik untuk kata kunci (keyword) yang anda kehendaki. Tentunya disini terbaik dalam segi Konten (materi, isi) yang disajikan, struktur dan navigasi, kepuasan pengguna dan popularitas.

Itulah telah dijelaskan tentang Pengertian SEO, Sejarah, Tujuan, Manfaat dan Konsep Dasar SEO semoga bisa bermanfaat. Terimakasih telah mengunjungi blog kami dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Baca Juga:  √ Pengertian FTP, Manfaat, Cara Kerja dan Contohnya (Lengkap)
5 (100%) 10 votes