√ Pengertian Media Sosial, Fungsi, Ciri dan Jenisnya (Lengkap)

Posted on

Pengertian Media Sosial, Fungsi, Ciri dan Jenisnya (Lengkap) – Saat ini kita hidup di jaman serba modern dimana kebutuhan akan internet semakin tinggi dan smartphone semakin banyak dipasaran. Dengan pertumbuhan yang tinggi dari penjualan smartphone setiap tahunnya, memberikan peluang bagi para developer atau perusahaan untuk menciptakan aplikasi atau apps yang salah satunya adalah Media Sosial.

Media sosial saat ini sangat banyak yang menggunakannya, seperti facebook, twitter, instagram dan lain sebagainya. Untuk itu kali ini kami akan menjelaskan pengertian, fungsi, ciri-ciri dan jenis dari media sosial dengan lengkap serta mudah dipahami. Agar lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Media Sosial, Fungsi, Ciri dan Jenisnya (Lengkap)

Mari kita bahas media sosial terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Media Sosial

Secara umum, definisi media sosial yaitu media online, yang mana para user atau penggunanya dapat saling berkomunikasi dan berinteraksi melalui jaringan internet. Mereka dapat saling berkirim pesan, berbagi foto atau video, sampai dengan membangun jaringan sendiri.

Fungsi Media Sosial

Pada umumnya, media sosial mempunyai fungsi antara lain:

  • Media sosial bisa meluaskan jangkauan untuk melakukan interaksi manusia sebab memakai jaringan internet dan teknologi berbasis web.
  • Media sosial bisa membuat para penggunanya dapat melakukan komunikasi dengan banyak orang (many to many)
  • Media sosial juga memudahkan pengguna dalam berbagi pengetahuan dan informasi. Orang yang menerika pesan AA dapat dengan mudah membagikannya kepara orang lain.
Baca Juga:  √ Pengertian Hacker Dan Jenis-Jenis Hacker (Pembahasan Lengkap)

Puntoadi menyatakan, fungsi dari media sosial yaitu:

  • Membantu Pembangunan Personal Branding
    Media sosial tidak saja bergungsi sebagai media untuk melakukan komunikasi atua berdiskusi. Tetapi juga dapat membuat seorang menjadi populer di media sosial. Nyatanya adalah kalangan artis atau selegram yang semakin terkenal karena selalu update di akun media sosialnya.
  • Membantu Produsen/Pihak Pemasar Dekat dengan Konsumen
    Dengan adanya media sosial, bidang pemasarn di suatu perusahaan dapat dengan mudah untuk mengetahuai apa yang menjadi keinginan konsumen. Mereka juga dapat melakukan interaksi secara pribadi dengan mudah dan cfepat, seperti sebuah tanya jawab dan lain sebagainya.

Ciri-Ciri Media Sosial

Adapun ciri-ciri dari media sosial yaitu:

  • Parsisipasi

    Orang yang memanfaatkan media sosial akan terdorong untuk menujukkan kontribusinya dan juga umpan balik (feedback). Oleh sebab itu di media sosial seperti Facebook ada fitur like, komentar, share dan lain-lain.

  • Keterbukaan

    Media sosial juga terbuka dalam umpan balik dan partisipasi yang dijalankan oleh para penggunanya. Misalnya kita dapat mengakses voting pengguna dan juga kolom komentar untuk status yang dibagikan di media sosial.

  • Perbincangan

    Media sosial juga sangat memungkingkan melakukan komunikasi secara dua arah.

  • Keterhubungan

    Banyak media sosial dapat terkenal di kalangan netizen karena kemampuannya dalam membuat hubungan antar pengguna. Seperti terdapat fasialitas tautan (istilahnya link) ke website lain.

Jenis-Jenis Media Sosial

Kotler dan Keller menyatakan terdapat tiga jenis media sosial, yakni:

  • Online Communities and Forums

    Media sosial jenis ini seringkali diciptakan oleh pengguna atau sekelompok konsumen untuk melakukan diskusi soal produk atau merek dari suatu perusahaan.

  • Blogs

    Saat ini, terdapat banyak orang yang memanfaatkan blogs. Ada yang membuat blog untuk teman-teman dekatnya dan keluarga. Kemudian ada juga yang secara sengaja membuat blog karena ingin berbagi konten kepada masyarakat luas.

  • Social Networks

    Jaringan sosial (jejaring sosial) adalah jenis media sosial yang paling terkenal saat ini. Hampir semua orang mempunyai akun jejaring sosial, misalnya Facebook, Twitter, Instagram dan lain sebagaianya.

Pengertian Media Sosial, Fungsi, Ciri-Ciri, Jenis

Kemudian Puntoadi, menyatakan Media Sosial dibagi menjadi lima jenis, diantaranya:

  • Bookmarking

    Bookmarking adalah suatu situs yang mana para usernya bisa berbagi llink website dan tag yang mereka sukai. Seringkali fitur bookmark ini terdapat di browser yang dipakai setiap hari.

  • Content Sharing

    Dengan situs konten sharing pengguna dapat dengan mudah mempublikasikan karyanya ke media sosial. Contoh dari konten sharing adalah Youtube dan Flikr

  • Wiki

    Wiki adalah suatu situs yang mempunyai berbagai jenis karakteristik. Seperti Wikipedia yang banyak berbagi pengetahuan, wikitravel untuk berbagi informasi tempat dan lain-lain.

  • Social Network

    Suatu situs yang menyajikan banyak fitur supaya penggunanya dapat saling terhubung dan berinteraksi secara online. Contohnya adalah: Facebook, Linkedln, dan My Space

  • Creating Opinion

    Media sosial creating opinion yaitu media yang mana penggunanya bisa berbagi pendapat dengan pengguna lain. Seluruh orang dapat menuliskan opini dan dapat juga memberikan opini lain.

Itulah penjelasan saya tentang Pengertian Media Sosial, Fungsi, Ciri dan Jenisnya (Lengkap) semoga dapat menambah wawasan dan ilmu kalian. Terimakasih sudah berkunjung di blog kami.

√ Pengertian Media Sosial, Fungsi, Ciri dan Jenisnya (Lengkap)
5 (100%) 9 vote[s]