Pengertian Beasiswa, Tujuan, Syarat, Manfaat, Jenis, Contoh Terlengkap

Posted on

Pengertian Beasiswa, Tujuan, Syarat, Manfaat, Jenis, Contoh Terlengkap – Dalam dunia pendidikan beasiswa sering diberikan kepada pelajar atau mahasiswa berprestasi, ada pula beasiswa yang diberikan untuk memberikan apresiasi terhadap pelajar yang berprestasi tetapi kurang mampu dalam bidang ekonomi untuk melanjutkan pendidikannya ke tingkat yang lebih tinggi.

Pada pembahasan kali ini kami akan mengulas apa sebenarnya pengertian beasiswa, tujuan pemberian beasiswa, syarat, manfaat, jenis dan contoh beasiswa dengan lengkap dan mudah dipahami. Untuk lebih rincinya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Beasiswa

Beasiswa merupakan suatu bantuan untuk membantu pelajar atau mahasiswa yang masih sekolah atau kuliah supaya mereka bisa menyelesaikan tugasnya dalam mencari ilmu pengetahuan sampai selesai. Beasiswa dalam bentuk bantuan dapat berupa dana sebagai penunjang biaya yang harus dikeluarkan oleh pelajar atau mahasiswa selama menempuh masa pendidikan di tempat belajar.

Pengertian Beasiswa Menurut Para Ahli

Dari pengertian diatas, ada pengertian yang dikemukakan oleh beberapa ahli, antara lain:

1.Murniasih (2009)

Murniasih mengemukakan beasiswa adalah bentuk penghargaan yang diberikan kepada individu agar dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
Penghargaan tersebut bisa berbentuk akses tertentu pada suatu instansi atau penghargaan berupa bantuan keuangan.

2.Wikipedia

Wikipedia mengemukakan beasiswa pemberian bantuan keuangan yang diberikan kepada perorangan yang bertujuan untuk digunakan demi keberlangsungan pendidikan yang ditempuh.

Baca Juga:  26 Pengertian Metode Menurut Para Ahli Terlengkap

3.KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

KBBI mengemukakan beasiswa adalah tunjangan uang yang diberikan kepada pelajar atau mahasiswa sebagai bantuan biaya belajar.

4.Lahinta (2009)

Lahinta mengemukakan beasiswa adalah pemberian berupa bantuan keuangan yang diberikan kepada perorangan yang bertujuan untuk digunakan demi keberlangsungan pendidika yang ditempuh. Beasiswa dapat diberikan oleh lembaga pemerintah, perusahaan ataupun yayasan.

Tujuan Pemberian Beasiswa

Adapun tujuan dari pemberian beasiswa yaitu diantaranya:

  • Untuk membantu para pelajar atau mahasiswa supaya dapat mencari ilmu yang sesuai dengan bidang yang hendak dikuasai, yang paling utama bagi yang memiliki masalah dalam pembiayaan.
  • Membuat pemerataan suatu ilmu pengetahuan atau pendidikan terhadap masing-masing orang yang memerlukan.
  • Membuat generasi baru yang lebih cerdas dan pintar. Karena dengan adanya bantuan beasiswa ini maka seseorang terutama kaum muda dapat memiliki kesempatan untuk memperoleh pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi.
  • Meningkatkan kesejahteraan. Sesudah terciptanya sumber daya manusia baru yang pintar, diharapkan mereka ini dapat saling memberi dengan bantuan ide dan ilmu pengetahuan yang sudah didapatkan ketika menjalani masa pendidikan.
Pengertian Beasiswa, Tujuan, Syarat, Manfaat, Jenis, Contoh
Pengertian Beasiswa, Tujuan, Syarat, Manfaat, Jenis, Contoh Terlengkap

Syarat Untuk Menerima Beasiswa

Pada umumnya para pemberi beasiswa atau donatur ketika hendak memberi bantuan akan memberikan beberapa syarat, diantaranya:

  1. Penerima beasiswa termasuk orang yang kurang mampu secara ekonomi atau keuangan.
  2. Selain orang yang kurang mampu, penerima beasiswa juga harus memiliki presatasi terutama dibidang yang digelutinya.
  3. Ketika mengajukan bantuan beasiswa seseorang dituntut memiliki semangat yang tinggi dalam belajar dan mencari ilmu pengetahuan. Karena pihak donatur tidak mau pihak yang telah dibantu untuk melanjutkan pendidikan hanya suka bersantai saja ketika menempuh pendidikan.
  4. Syarat lainnya biasanya penerima beasiswa tersebut memiliki jiwa sosial yang tinggi.
Baca Juga:  √ Jenis-Jenis Media Komunikasi Berserta Contohnya (Lengkap)

Jenis-Jenis Beasiswa

Menurut Murniasih (2009) terdapat beberapa jenis beasiswa yakni:

  1. Beasiswa Penghargaan
    Beasiswa ini seringkali diberikan kepada kandidat yang mempunyai keunggulan akademik. Beasiswa ini diberikan menurut prestasi akademik mereka secara keseluruhan. Seperti, dalam bentuk IPK (Indeks Prestasi Kumulatif).
  2. Beasiswa Bantuan
    Jenis beasiswa ini merupakan untuk mendanai kegiatan akademik para mahasiswa yang kurang beruntung, tetapi mempunyai prestasi. Komite beasiswa seringkali memberikan beberapa penilaian, pada kesulitan ini. Seperti pendapatan orangtua, jumlah saudara kandung yang sama-sama sedang menempuh studi, pengeluaran, biaya hidup, dan lain sebagainya.
  3. Beasiswa Atletik
    Pada tingkat universitas seringkali merekrut atlet populer untuk mendapatkan beasiswa dan dijadikan tim atletik perguruan tinggi mereka. Banyak atlet menyelesaikan pendidikan mereka secara gratis, tetapi membayarnya dengan prestasi olahraga. Beasiswa jenis ini biasanya tidak perlu dikejar, karena akan diberikan kepada mereka yang mempunyai prestasi dibidang atletik.
  4. Beasiswa Penuh
    Banyak orang menilai jika beasiswa diberikan kepada penerimanya untuk menutupi kebutuhan akademik secara semuanya. Apabila benar-benar beruntung, tentu akan memperoleh beasiswa jenis ini. Beasiswa akan diberikan untuk menutupi keperluan hidup, buku, dan biaya pendidikan. Tetapi banyak beasiswa lainnya yang mencukupi biaya hidup, buku dan sebagian dari uang sekolah.

Contoh Beasiswa

Adapun contoh dari beasiswa adalah:

  • Beasiswa Pemerintah Indonesia
  • Beasiswa Luar Negeri
  • Beasiswa Dalam Negeri
  • Beasiswa Umum

Itulah telah dijelaskan tentang Pengertian Beasiswa, Tujuan, Syarat, Manfaat, Jenis, Contoh Terlengkap semoga dapat bermanfaat. Terimakasih telah mengunjungi blog kami dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Silakan Baca Juga:

Baca Juga:  √ 32 Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)
Rate this post