√ Pengertian Lembaga Sosial, Fungsi, Jenis & Contohnya Lengkap

Posted on

Pengertian Lembaga Sosial, Fungsi, Jenis & Contohnya Lengkap – Kita pasti atau setidaknya pernah mendengar tentang Lembaga Sosial. Banyak lembaga sosial biasanya bergerak di bidang sosial, seperti membantui korban bencana, penggalangan dana. Untuk itu pada pembahasan kali ini kami akan mengajak anda mempelajari tentang Lembaga Sosial. Yang meliputi pengertian, fungsi, jenis-jenis dan contoh lembaga sosial dengan lengkap dan mudah dipahami. Agar lebih detailnya silakan simak ulasan Studinews.Co.Id dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Lembaga Sosial, Fungsi, Jenis & Contohnya Lengkap

Mari kita bahas dulu apa itu pengertian lembaga sosial.

Pengertian Lembaga Sosial

Definisi lembaga sosial yaitu lembaga yang anggotanya tersusun dari masyarakat yang berkumpul menjadi satu kesatuan karena adanya satu kesamaan visi dan misi. Lembaga sosial juga sering dinamakan dengan lembaga kemasyarakatan.

Dalam Wikipedia Lembaga Sosial dalam bahasa Inggris adalah Social Institution, namun social insitution juga diterjemahkan sebagai pranata sosial.

Pengertian Lembaga Sosial Menurut Para Ahli

1. Koentjaraningrat

Definisi lembaga sosial menurut Koentjaraningrat adalah satuan norma khusus yang menata serangkaian tindakan yang berpola untuk keperluan khusus manusia dalam kehidupan bermasyarakat.

2. Peter L. Berger

Definisi lembaga sosial menurut Peter L. Berger adalah suatu prosedur yang menyebabkan perbuatan manusia ditekan oleh pola tertentu dan dipaksa bergerak melalui jalan yang dianggap sesuai dengan keinginan masyarakat.

Baca Juga:  √ Pengertian Investasi Jangka Pendek, Tujuan, Bentuk, Karakteristik, Jenis, Sarana & Contohnya

3. Soerjono Soekanto

Definisi lembaga sosial menurut Soerjono Soekanto adalah himpunan norma dari segala tingkatan yang berkisar pada suatu kebutuhan pokok dalam kehidupan masyarakat.

Untuk lebih jelasnya lagi tentang pengertian lembaga sosial menurut para ahli secara detail, silahkan klik disini.

Fungsi Lembaga Sosial

Adapun lembaga sosial mempunyai fungsi antara lain adalah:

  • Memberikan pedoman di anggota masyarakat, bagaimana mereka harus berperilaku atau bersikap dalam menghadapi masalah yang berkembanga atau muncul di lingkungan masyarakat.
  • Menjauh keutuhan masyarakat
  • Memberikan arahan kepada masyarakat untuk mengadakan sistem pengendalian sosial.

Pengertian Lembaga Sosial, Fungsi, Jenis-Jenis, Contoh

Jenis-jenis Lembaga Sosial

Ada beberapa jenis lembaga sosial yang bisa kita bahas disini.

Lembaga Keluarga

Lembaga keluarga tersusun atas dari keluarga inti dengan anggotanya adalah ayah, ibu, anak-anak. Ayah dalam hal ini mempunyai tugas sebagai kepala dari lembaga keluarga tersebut. Ibu juga merangkap menajadi sekretaris, bendahara dan wakil kepala keluaraga dan anak-anak menjadi anggotanya. Lembaga keluarga merupakan lembaga sosial pertama yang akan dimasuki masing-masing orang sejak lahir. Oleh karena itu suksesnya seseorang itu juga dilihat dari lembaga keluarganya.

Lembaga Pendidikan

Lembaga pendidikan merupakan lemabaga yang orientasinya pada pendidikan tempat belajar dan mengajar, yang mana anggotanya dapat belajar untuk menjadi lebih baik pada satu bidang. Dengan adanya interaksi dari pada anggotanya juga selanjutnya membuat anggotanya yang tergabung dalam lembaga pendiikan itu dapat menjadi lebih baik bagi.

Lembaga Agama

Lembaga agama merupakan lembaga yang berhubungan dengan agama tertentu dan anggotanya mempunyai keyakinan pada agama yang sama. Didalamnya terdapat anggota yang dapat berbagi ilmu dan melakukan kegiatan bersama yang bermanfaat terhadap nama keyakinannya. Dengan terdapatnya lembaga agama ini juga mempunyai tujuan untuk mempererat persatuan untuk umat beragama.

Baca Juga:  28 Pengertian Sosialisasi Menurut Para Ahli Terlengkap

Lembaga Kesehatan

Lembaga kesehatan orientasinya terhadap pelayanan kesehatan dan tujuannya untuk menjadikan semua masyarakat dapat selalu sehat secara mental ataupun fisik. Terkadang terdapat banyak aktivitas yang berhubungan dengan kesehatan yang akan dijalankan oleh lembaga kesehatan ini secara gratis untuk masyarakat yang tentu saja responnya sangat baik oleh masyarakat.

Lembaga Politik

Lembaga politik merupakan lembaga didalam masyarakat yang berhubungan dalam mengatasi masalah yang berkaitan dengan tata tertib, aturan dan administrasi tertentu. Lembaga politik juga membantu masyarakat dalam berbagai hal dan menjadi tempat berkumpulnya orang-orang yang mempunyai visi dan misi yang sama dalam bidang politik.

Lembaga Budaya

Lembaga ini termasuk dalam lembaga yang penting sebab membantuk masyarakat untuk melakukan pengembagnan dan melestarikan budaya yang ada, seni dan juga lingkungan yang ada di sekitarnya. Lembaga budaya merupakan lembaga yang juga membantu dalam pengenalan berbagai macam adat yang ada pada masyarakat. Di Indonesia yang banyak sekali ragam budaya tentu lembaga budaya juga sangat banyak agar bisa menjaga seluruh keutuhan budaya yang ada.

Lembaga Ekonomi

Lembaga ekonomi merupakan lembaga dalam masyarakat yang berhubungan dengan masalah ekonomi dan mempunyai tujuan supaya kebutuhan ekonomi dalam masyarakat dapat terpenuhi dengan baik. Lembaga ekonomi ini juga tentu menjadi pedoman dan solusi dalam menjaga kehidupan ekonomi masyarakat agar tetap stabil.

Lembaga Hukum

Lembaga hukum merupakan lembaga yang menjadi pengatur mengenai tata tertib dalam masyarakat dan memberikan bantuan dalam bidang hukum terhadap masyarakat yang membutuhkan. Karena tidak seluruh masyarakat tahu dan paham tentang hukum dan saat berhubungan dengan hukum lalu mengalami kesulitan maka lembaga hukum yang ada siap membantu.

Contoh Lembaga Sosial

  • Lembaga Pendidikan
  • Lembaga bantuan amal
  • Lembaga amal zakat infaq sodaqoh
  • Dan lain sebagainya.
Baca Juga:  √ 22 Pengertian Investasi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Itulah pembahasan yang bisa saya beriktan tentang Pengertian Lembaga Sosial, Fungsi, Jenis-Jenis, Contoh Terlengkap semoga dapat menambah wawasan kalian. Terimakasih telah berkunjung di blog kami, jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

5 (100%) 6 votes