√ 14 Pengertian Lembaga Sosial Menurut Para Ahli dan Cirinya

Posted on

14 Pengertian Lembaga Sosial Menurut Para Ahli dan Cirinya – Setelah pada pembahasan sebelumnya, saya mengulas tentang definisi lembaga sosial secara umum maka dikesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang lembaga sosial menurut para ahli dan ciri-ciri lembaga sosial dengan lengkap dan mudah dipahami. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan Studinews.co.id dibawah ini dengan seksama.

14 Pengertian Lembaga Sosial Menurut Para Ahli dan Cirinya

Mari kita bahas dulu apa saja kata para ahli tentang lembaga sosial.

Pengertian Lembaga Sosial Menurut Para Ahli

Begini kata para masing-masing ahli tentang lembaga sosial.

1. Koentjaraningrat

Koentjaraningrat mendefinisikan lembaga sosial adalah suatu sistem tata kelakuan dalam hubungan yang berpusat kepada aktivitas-aktivitas untuk memenuhi kompleks-kompleks kebutuhan khusus dalam kehidupan masyarakat.

2. Soerjono Soekanto

Soerjono Soekanto mendefinisikan lembaga sosial adalah himpunan dari norma-norma dari sega tindakan yang berkisar pada suatu kebutuhan pokok didalam kehidupan masyarakat.

3. Selo Soemardjajan dan Soelaeman Soemardi

Selo Soemardjajan dan Soelaeman Soermadji mendefinisikan lembaga sosial adalah semua norma-norma dari segala tingkat yang berkisar pada suatu keperluan pokok dalam kehidupan masyarakat merupakan suatu kelompok yang diberi nama lembaga kemasyarakatan.

Baca Juga:  √ Pengertian Investasi Jangka Pendek, Tujuan, Bentuk, Karakteristik, Jenis, Sarana & Contohnya

4. Fitcher

Fitcher mendefinisikan lembaga sosial adalah suatu hubungan-hubungan sosial yang mengandung nilai-nilai dan prosedur-prosedur tertentu dalam usaha memenuhi kebutuhan pokok masyarakat.

5. Leopold Von Wilsen dan Becker

Leopold Von Wilsen dan Becker adalah sebagai suatu jaringan proses-proses hubungan antar kelompok sosial dan antar manusia yang mempunyai fungsi untuk memelihara hubungan-hubungan itu serta pola-pola yang sesuai dengan minat dan kepentingan manusia dan kelompoknya.

6. Mayor Polak

Mayor Polak mendefinisikan lembaga sosial adalah suatu kompleks atau sistem berbagai peraturan dan adat istiadat yang mempertahankan nilai-nilai yang terpenting.

7. Roucek dan Warren

Roucek dan Warren mendefinisikan lembaga sosial adalah bermacam pol ayang sudah memiliki kedudukan pasti atau tetap untuk mempersatukan beragam kebutuhan manusia yang timbul dari kebiasaan-kebiasaan dengan mendapatkan persetujuan dengan cara-cara yang sudah tidak terelakan lagi, untuk memenuhi konsep kesejahteraan masyarakat dan menhasilkan suatu struktur.

8. Summer

Summer mendefinisikan lembaga sosial dilihat dari sudut kebudayaan diartikan sebagai cita-cita, perbuatan, sikap dan perlengkapan-perlengkapan kebudayaan, yang memiliki sifat kekal serta yang bertujuan unutuk memenuhi segala kebutuhan masyarakat. Yang terpenting adalah agar ada keteraturan dan integrasi dalam masyarakat.

9. Robert Mac Iver dan CH. Page

Robert Mac Iver dan CH. Page mendefinisikan lembaga sosial adalah kondisi-kondisi atau bentuk-bentuk prosedur yang mapan, yang menjadi karateristik bagi aktivitas kelompok-kelompok yang melaksanakan patokan-patokan tersebut disebut asosiasi.

10. Alvin L. Bertand

Alvin L. Bertand mendefinisikan lembaga sosial pada hakikanya adalah sekumpulan dari norma-norma sosial (struktur-struktur social) yang sudah diciptakan agar dapat melaksanakan fungsi masyarakat. Lembaga-lembaga tersebut meliputi sekumpulan norma dan bukan norma yang berdisi sendiri.

11. Wikipedia

Wikipedia mendefinisikan lembaga sosial adalah suatu norma khusus yang menata serangkaian tindakan yang berpola untuk keperluan khusus manusia dalam kehidupan bermasyarkat.

Baca Juga:  Pengertian Uang, Sejarah, Fungsi, Syarat, Jenis-Jenis, Teori Terlengkap

12. Horton dan Hunt

Horton dan Hunt mendefinisikan lembaga sosial adalah sistem norma sosial dan hubungan yang terorganisasi.

13. Hamilton

Hamilton mendefinisikan lembaga sosial adalah tata cara yang digunakan dalam kehidupan berkelompok melalui berbagai sanksi atau hukuman apabila dilanggar

14. Bruce J. Cohen

Bruce J. Cohen mendefinisikan lembaga sosial adalah sistem pola sosial yang tertata rapi dan bersifat permanen, mengandung perilaku tertentu yang solid dan terpadu agar dapat memenuhi kebutuhan dasar manusia dalam kehidupan.

Pengertian Lembaga Sosial Menurut Para Ahli dan Ciri-CiriCiri-Ciri Lembaga Sosial

Gillin dan Gillin menyatakan terdapat ciri-ciri penting dalam lembaga sosial, antara lain yaitu:

  • Pola pemikiran serta perbuatan terwujud dari dalam kegiatan masyarakat bersama dengan hasil-hasilnya
  • Mempunyai suatu tingkat kekekalan khusus. Artinya, suatu nilai atau norma akan menjadi lembaga yang setelah mengalami proses percobaan dlaam waktu yang relatif lama.
  • Mempunyai satu atau beberapa tujuan tertentu
  • Mempunyai alat yang lengkap yang dipakai untuk meraih tujuan lembaga itu, pada umumnya alat ini antara satu masyarakat dan masyarakat lainnya tidak sama.
  • Memiliki lambat menjadi simbol dalam menunjukkan tujuan dan fungsi lembaga itu
  • Melakukan perumusan tujuan serta tata tertibnya, lembaga mempunyai tradisi yang tertulis dan tidak tertulis.

Itulah penjelasan yang bisa kami berikan mengenai 14 Pengertian Lembaga Sosial Menurut Para Ahli dan Cirinya semoga dapat menambah wawasan kalian. Terimakasih telah berkunjung di blog kami dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

5 (100%) 8 votes