√ Pengertian Statistik, Jenis, Fungsi dan Tujuannya (Lengkap)

Posted on

Pengertian Statistik, Jenis, Fungsi dan Tujuannya (Lengkap) – Membahas mengenai statistik merupakan suatu pengetahuan yang sangat penting untuk mahasiswa baik itu dari jurusan matematika maupun bukan. Karena statistik dibutuhkan dalam sebuah penelitian. Untuk mengetahui apa itu statistik, jenis, fungsi, dan juga tujuannya, marilah kita simak penjelasan berikut ini:

Pengertian Statistik, Jenis, Fungsi dan Tujuannya (Lengkap)

Mari kita bahas pengertian statistik terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Statistik

Secara umum, statistik merupakan suatu kumpulan data yang berbentuk angka dan disusun dalam bentuk diagram dan atau tabel dimana isinya menjelaskan mengenai masalah tertentu. Adapun pengertian lain dari statistik adalah sekumpulan metode dan aturan mengenai pengumpulan, analisis, pengolahan, dan penafsiran data dari angka-angka yang menjelaskan data atau hasil pengamatan.

Secara etimologis statistik berasal dari bahasa latin yakni status yang berarti negara atau yang berhubungan dengan ketatanegaraan. Pada umumnya statistik ini digunakan dalam suatu penelitian diberbagai bidang, yakni ekonomi, bisnis, manufaktur, pemasaran dan lain sebagainya.

Pengertian Statistik Menurut Para Ahli

Adapun pengertian statistik menurut para ahli adalah

  1. prof. Dr. H. Agus Irianto

    Statistik adalah sekumpulan cara maupun aturan-aturan yang berhubungan dengan pengumpulan, pengolahan atau analisis, penarikan kesimpulan, atas data-data yang berbentuk angka dengan menggunakan suatu asumsi tertentu.

  2. Anto Dajan

    Statistik adalah suatu data kuantitatif baik yang belum tersusun maupun yang telah tersusun dalam bentuk tabel.

  3. Croxton dan Cowden

    Statistik merupakan suatu metode untuk mengumpulkan, mengelola, menyajikan dan menginterpretasikan data berupa angka.

  4. Stoel Torrie

    Statistik adalah suatu cara atau metode yang memberikan langkah-langkah guna untuk dapat menilai ketidakpastian dari sebuah kesimpulan yang sifatnya induktif.

  5. Sugiyono

    Statistik dalam arti sempit adalah sebagai alat dan data. Sedangkan secara luas merupakan suatu alat dalam menganalisis dan mengambil suatu keputusan.

Jenis-Jenis Statistik

Adapun jenis-jenis statsitik adalah sebagai berikut:

1. Berdasarkan Orientasi Pembahasan

  • Statistik Matematika
    Statistik jenis ini merupakan statistik yang mengedepankan pemahaman terhadap model, rumus-rumus statistika secara matematika teoritis, penurunan konsep. Seperti uji normalitas, analisis regresi, dan lain sebagainya.
  • Statistik Terapan
    Statistik terapan adalah statisitik yang lebih mengedepankan pada pemahaman konsep, teknik, dan juga penerapannya dalam disiplin ilmu tertentu.

2. Berdasarkan Asumsi Distribusi Populasi Data

  • Statistik Parametik
    Statistik jenis ini merupakan statistik yang dilakukan berdasarkan model distribusi normal.
  • Statistik Non-Parametik
    Statistik jenis ini adalah statistik yang dilakukan dengan suatu metode distribusi bebas atau tidk berdasarkan pada model distribusi normal.

3. Berdasarkan Fase dan Tujuan Analisis

  • Statistik Deskriptif
    Yakni statistik yang berhubungan dengan pengumpulan, pengolahan, analisis, dan penyajian data tanpa adanya kesimpulan secara umum. Biasanya statistik ini berbentuk tabel, grafik, diagram, modus, dan lain sebagainya.
  • Statistik Inferensial
    Statistik inferensial ini merupakan statistik yang prosesnya memungkinkan diambilnya kesimpulan secara umum terhadap data yang diolah.

4. Berdasarkan Jumlah Variabel Terikat

  • Statistik univariat, yaitu statistik yang hanya mempunyai satu variabel terikat.
  • Statistik multivariat, yaitu statistik yang mempunyai lebih dari satu variabel terikat.

Fungsi Statistik

Fungsi statistik secara umum terbagi menjadi dua yaitu fungsi deskripsi dan fungsi inferensial. Berikut ini adalah penjelasannya:

1. Fungsi Deskriptif

Fungsi deskriptif adalah fungsi statistik yang mendeskripsikan, menerangkan data dan peristiwa, yang dikumpulkan melalui proses penelitian dan penyelidikan dimana belum sampai generalisasi atau mengambil sebuah kesimpulan tentang populasi yang diteliti.

2. Fungsi Inferensial

Fungsi inferensial adalah fungsi statistik yang digunakan untuk memprediksi dan mengontrol serta mengendalikan  seluruh populasi berdasarkan data, gejala, dan kejadian atau peristiwa yang ada pada proses penelitian. Pada fungsi ini, dimulai dengan membuat sebuah estimasi dan hipotesis.

Tujuan Statistik

Ada lima tujuan utama dari statistik, yaitu

  • Membuat deskripsi atau menjelaskan data tentang populasi yang diteliti.
  • Untuk membuat estimasi mengenai akibat suatu hipotesis yang diterima. Estimasi tersebut nantinya dipakai sebagai dasar pengembalian keputusan.
  • Untuk membantu membuat estimasi mengenai nilai yang tidak diketahui berdasarkan data yang dianalisis.
  • Untuk mengurangi jumlah populasi yang luas pada ukuran yang lebih kecil agar lebih mudah dipahami.

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Statistik, Jenis, Fungsi dan Tujuannya (Lengkap). Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu. Sekian dan Terimakasih.

5 (100%) 6 votes

Baca Juga:  √ Pengertian Diskon, Bruto, Tara, Netto, Untung, Rugi & Rumusnya