√ Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli, Tujuan dan Fungsinya

Posted on

Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli, Tujuan dan Fungsinya – Sebagai makhluk sosial kita tidaklah dapat melakukan segalanyaseorang diri maka kita memerlukan orang lain untuk dapat melakukan hal tersebut.

Maka dari itu di perlukan komunikasi sebagai jembatan Manusia untuk dapat melakukan interaksi kepada Manusia lainnya. Didalam melakukan komunikasi di perlukan beberapa aspek karena memang ini menjadi hal yang penting untuk keberlangsungan kehidupan Manusia itu sendiri.

Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli, Tujuan dan Fungsinya

Berikut pengertian komunikasi menutur ahlinya.

Pengertian Komunikasi

Komunikasi memliki arti yang sama dengan makna yang ada di dalamnya yaitu kebersamaan. Di dalam kamus bahasa Indonesia dapat di ketahui komunikasi berarti pengiriman dan penerimaan pesan atau juga berita yang berasal dari dua orang atau yang lebih untuk dapat memahami pesan tersebut.

Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli

Para ahli ikut memberikan pemikirannya mengenai apa itu komunikasi yang diantaranya adalah:

Prof. Drs. H.A.W. Widjaya

Menurutnya komunikasi adalah suatu hubungan kontak yang terjadi antar atau antara Manusia baik itu bersifat individu atau kelompok.

James A.F. Stoner

Menurutnya komunikasi adalah proses yang mana seseorang berusaha untuk memberikan suatu pengertian dengan cara memindahkan pesan.

William F. Glueck

Menurutnya komunikasi adalah sesuatu yang dapat di bagi menjadi dua yaitu:

  • Interpersonal Communications
    Ini merupakan komunikasi yang terjadi antar pribadi yang proses penukaran informasu serta pemindahan pengertian yang terjadi antara dua orang atau lebih yang ada di dalam suatu kelompok kecil Manusia.
  • Organization Communications
    Ini merupakan komunikasi di mana pembicara akan secara sistematis dapat memberikan informasi dan memindahkan pengertiannya kepada orang banyak di dalam suatu organisasi dan kepada pribadi dan juga lembaga yang ada di luar hubungan.
Baca Juga:  √ Pengertian Teks Eksplanasi, Jenis, Ciri, Struktur dan Kaidah Kebahasaannya

Tujuan Komunikasi

Berikut tujuan dari komunikasi :

  1. Untuk dapat di mengerti oleh komunikan apa yang di sampaikan oleh si komunikator maka dari itu komunikator dapat menjelaskan pesan utama dengan cara sejelas jelasnya dan dengan sedetail detailnya.
  2. Untuk dapat memahami orang lain yang dapat di lakukan dengan komunikasi antar individu dengan kemampuan mendengar yang di bicarakan orang lainnya.
  3. Pendapat kita di terima oleh orang lain maka komunikasi dan pendekatan persuasif yang dapat di gunakan untuk dapat di terima oleh orang lain.
  4. Dapat menggerakan orang lain dalam melakukan sesuatu dengan komunikasi dan pendekatan persuasive yang dapat membangun persamaan persepsi yang dengan orang kemudian dapat menggerakkannya sesuai dengan keinginan kita.

Fungsi Komunikasi

Fungsi dari komunikasi sangat banyak yang diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Kendali
  • Motivasi
  • Pengungkapan Emosional
  • Informasi

Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli, Tujuan dan Fungsinya

Syarat-Syarat Komunikasi

Di dalam komunikasi pun terdapat beberapa syarat yaitu:

  • Source “Sumber”
  • Komunikator
  • Pesan
  • Saluran “Channel”
  • Komunikan
  • Effect “Hasil”

Demikianlah penjelasan kita kali ini mengenai Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli, Tujuan dan Fungsinya. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan. Terimakasih 🙂

√ Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli, Tujuan dan Fungsinya
5 (100%) 11 vote[s]