√ Pengertian Biografi Beserta Ciri & Struktur Biografi (Lengkap)

Posted on

Pengertian Biografi Beserta Ciri & Struktur Biografi (Lengkap) – Di dalam membuat suatu cerita yang mengenai seseorang haruslah kita meminta izin kepada orang tersebut atau seorang tokoh tersebut agar orang tersebut bahwa kehidupannya akan di bukukan.

Di dalam memberikan cerita mengenai kehidupan seseorang kita haruslah dapat memberikan hal baik atau positif yang nantinya orang lain juga akan ikut terispirasi akan kehidupan dari si tokoh tersebut dan dapat mengikuti ceritanya.

Maka dari itu di dalam membaut suatu biografi seseorang haruslah tentang seseorang yang baik bukan sebaliknya yang dapat memberikan dampak yang buruk bagi orang lain. Untuk mengerti apa itu biografi akan di jelaskan sebagai berikut.

Pengertian Biografi Beserta Ciri & Struktur Biografi (Lengkap)

Mari kita bahas lengkap pengertian biografi terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Biografi

Biografi merupakan suatu tulisan yang di dalamnya membahas tentang kehidupan seseorang. Secara singkatnya biografi merupakan suatu kisah riwayat hidup seseorang. Biografi sendiri dapat di artikan dengan suatu kisah atau juga keterangan perjalanan kehidupan dari seorang narasumber yang berasal dari kisah nyata.

Istilah dari biografi ini sendiri berasal dari bahsa yunani dengan kata bios dan graphien. Artian kata bios yaitu hidup dan artian graphien yaitu tulis. Di dalam biografi ini terdapat beberapa baris atau lebih dari satu buku panjangnya. Biografi ini dapat di bedakan menjadi biografi singkat dengan biografi panjang.

Biografi singkat di dalamnya hanya berisikan fakta-fakta dari kehidupan seseorang dan memiliki peran yang penting. Tetapi biografi panjang adalah betupa informasi penting yang di kisahkan di dalamnya dengan lebih detail dan juga di tulisnya dengan gaya cerita yang menarik dan baik.

Baca Juga:  √ Pengertian Belajar, Tujuan, Ciri, Tahapan & Faktor (Bahas Lengkap)

Dari biografi tersebut dapat di temukan suatu kejadian-kejadian hidup dari seseorang atau yang menjadi suatu misteri hidup seseorang dengan menggunakan penjelasan berupa tindakan-tindakan atau juga perilaku yang ada di dalam hidupnya, biografi sendiri menceritakan tentang tokoh yang terkenal atau tokoh penting akan tetapi pada umumnya biogtrafi ini bercerita akan tokoh-tokoh sejarah. Pada zaman sekarang ini telah banyak biografi yang di tulis secara kronologi.

Biografi memerlukan sumber atau bahan pendukung yang baik itu seperti buku harian, kliping Koran, dan yang lain-lain. Sedangkan bahan yang menjadi pendukung biasa adalah seperti buku referensi yang di dalamnya menjelaskan akan peranan dari seseorang yang ada di dalam biografi.

Ciri-Ciri Biografi

Ciri-ciri yang ada atau yang menjadikannya biografi adalah sebagai berikut:

  1. Struktur biografi terdiri dari orientasi, masalah atau juga peristiwa, dan reorientasi.
  2. Informasi yang ada bersifat fakta dan di berikan di dalam bentuk narasi atau suatu cerita.
  3. Factual atau fakta yang berdasarkan peristiwa hidup seseorang yang selanjutnya di narasikan ke dalam tokoh biografi.
  4. Konponen yang penting di dalam teks biografi adalah sebagai berikut:
  • Judul
  • Menarik dan juga mengesankan dari suatu kehidupan tokoh yang di ceritakannya.
  • Mengagumkan dan juga mengharukan dari kehidupan tokoh yang di ceritakannya.
  • Dapat juga di contoh serta di teladani dari kehidupan si tokoh tersebut.

Pengertian Biografi Beserta Ciri-Ciri Dan Struktur Biografi Lengkap

Struktur Biografi

Struktur biografi diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Orientasi
  2. Peristiwa dan Masalah
  3. Reorientasi

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian Biografi Beserta Ciri & Struktur Biografi (Lengkap) yang di jelaskan oleh studinews. Dengan biografi yang tokoh yang tepat akan membuat para pembacanya terinspirasi dan ingin menjadi seperti tokoh tersebut. semoga bermanfaat.

Baca Juga:  √ Pengertian Paragraf Deduktif Beserta Ciri-Ciri & Contohnya Lengkap
5 (100%) 8 votes