√ Pengertian Inovasi, Ciri, Jenis dan Tujuannya (Bahas Lengkap)

Posted on

Pengertian Inovasi, Ciri, Jenis dan Tujuannya (Bahas Lengkap) – Istilah inovasi seringkali kita temukan dalam ilmu ekonomi. Umumnya, yang sering melakukan inovasi adalah suatu perusahaan ataupun organisasi. Mereka perlu melakukan suatu inovasi agar produk mereka diminati di kalangan masyarakat.

Pengertian Inovasi, Ciri, Jenis dan Tujuannya (Bahas Lengkap)

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai inovasi, kali ini studinews akan menjelaskan secara lengkap tentang pengertian inovasi, ciri, jenis, dan tujuannya. Simaklah penjelasannya berikut ini:

Pengertian Inovasi

Secara umum, inovasi adalah suatu pengembangan dan penerapan gagasan baru yang dilakukan dalam jangka waktu tertentu. Adapun pengertian inovasi menurut para ahli adalah

1. Van de Ven

Inovasi merupakan suatu pengembangan dan penerapan gagasan baru yang dilakukan dalam jangka waktu tertentu.

2. Stephen Robbins

Inovasi adalah suatu gagasan untuk menciptakan produk baru maupun memperbaiki suatu kelemahan dari produk ataupun proses.

Baca Juga:  √ 3 Pengertian Supervisi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

3. Everett M. Rogers

Inovasi adalah suatu ide atau gagasan tentang suatu hal yang baru dan kemudian diterima oleh individu ataupun kelompok tertentu untuk diterapkan dan dilakukan.

4. Kuniyoshi Urabe

Inovasi merupakan suatu kegiatan yang bukan hanya sekali terjadi, akan tetapi inovasi merupakan suatu proses yang panjang, memakan waktu dan terjadi secara kumulatif.

5. Undang-Undang No. 19 Tahun 2002

Inovasi adalah kegiatan riset dan pengembangan yang sengaja dilakukan untuk menerapkan suatu ide ataupun ilmu pengetahuan yang baru.

Ciri-Ciri Inovasi

Adapun ciri-ciri inovasi adalah sebagai berikut:

1. Memiliki Ciri Baru

Dalam suatu penemuan harus memiliki gagasan atau pemikiran yang baru agar bisa dikatakan sebagai inovasi.

2. Memiliki Ciri Khas Tersendiri

Biasanya inovasi memiliki khas atau ciri tersendiri, baik itu dalam segi ide, sistem, program, dan juga hasil yang diharapkan.

3. Inovasi Dilakukan Dengan Cara Program Terstuktur

Inovasi tidak bisa dilakukan dalam waktu yang singkat (terburu-buru). Sebab inovasi harus dipersiapkan terlebih dahulu secara matang dengan melakukan perencanaan sebuah program yang jelas dan juga terstruktur (terencana).

5. Memiliki Tujuan

Suatu inovasi pasti memiliki tujuan tertentu yang akan dicapai. Sehingga seseorang yang akan melakukan suatu inovasi, harus menentukan apa tujuan yang ingin mereka capai dan strategi apa saja yang akan mereka siapkan untuk mendapatkan tujuan tersebut.

Jenis-Jenis Inovasi

Adapun jenis-jenis inovasi yang ada di kalangan masyarakat diantaranya adalah

1. Berdasarkan Kecepatan Perubahannya

  • Inovasi Radikal
    Inovasi radikal dilakukan dengan skala yang besar. Biasanya jenis inovasi ini dilakukan oleh orang yang memang ahli dalam bidangnya. Dan dikelola oleh suatu lembaga penelitian dan pengembangan. Jenis inovasi ini umumnya sering dilakukan pada bidang manufaktur, lembaga jasa keuangan dan lain sebagainya.
  • Inovasi Inkremental
    Yaitu suatu jenis inovasi yang dilakukan dan di implementasikan dalam skala yang lebih kecil dari inovasi radikal.
Baca Juga:  √ Pengertian Sistem, Elemen, Jenis, Ciri dan Unsurnya (Lengkap)

2. Berdasarkan Fungsinya

  • Inovasi Teknologi
    Ada banyak sekali jenis inovasi teknologi. Baik itu inovasi produk, inovasi pelayanan, inovasi proses maupun inovasi administrasi.
  • Inovasi Sosial
    Suatu jenis inovasi yang dilakukan untuk memahami dan mengatasi masalah-masalah sosial.

Tujuan Inovasi

Adapun tujuan inovasi diantaranya adalah

1. Untuk Meningkatkan Kualitas

Inovasi bertujuan untuk memberi manfaat lebih bagi para penggunanya. Oleh karena itu, sebuah inovasi haruslah bisa memberikan sebuah manfaat ataupun kelebihan yang lebih besar dibandingkan produk sebelumnya.

2. Untuk Mengurangi Biaya Tenaga Kerja

Suatu inovasi yang tercipta bisa mengurangi biaya tenaga kerja. Misalnya manusia dulu memproduksi barang dengan tenaga manual sedangkan sekarang sudah semakin canggih.

Tekhnologi mesin sudah ada dimana-mana, tenaga kerja yang dibutuhkan sudah tidak lagi sebanyak yang dulu. Sebab ada mesin yang bisa melakukan proses produksi barang. Penggunaan mesin juga dapat lebih mengehemat biaya dan hasil produksinya bisa dilakukan dengan lebih cepat.

Pengertian Inovasi, Ciri, Jenis dan Tujuannya

3. Untuk Membuat Pasar Baru

Inovasi dapat menciptakan pasar baru. Karena dengan berinovasi, seseorang atau suatu organisasi telah mengawali sebuah usaha baru yang berbeda dengan usaha lainnya.

4. Untuk Memperluas Jangkauan Produk

Inovasi juga dapat memperluas jangkauan produk. Namun tentunya tidak semua inovasi bisa melakukan hal ini. Hanya inovasi yang memang berguna dan dibutuhkan oleh orang banyak yang bisa memperluas jangkauan produk.

5. Untuk Menggantikan Produk / Pelayanan Lama Yang Sudah Ada Sebelumnya

Seperti perusahaan yang memproduksi  mobil atau motor. Mereka secara rutin akan melakukan sebuah inovasi dengan menghadirkan beberapa fitur baru yang tidak ditemukan di produk lama. Maka tidak heran, bila mobil atau motor di zaman sekarang semakin ramah lingkungan, dan mengkonsumi bahan bakar yang semakin sedikit jika dibandingkan dengan zaman dahulu sewaktu mobil atau motor baru muncul dikalangan masyarakat.

Baca Juga:  √ Pengertian Fisioterapi, Wewenang, Jenjang Pendidikan & Macamnya

6. Mengurangi Kerusakan Lingkungan Hidup

Manusia dulunnya menggunakan bahan bakar fosil sebagai bahan bakar kendaraan ataupun mesin. Akan tetapi, karena adanya sebuah inovasi seperti bahan bakar alternatif yang sifatnya lebih ramah lingkungan, maka pencemaran udarapun akan berkurang.

7. Beradaptasi Dengan Peraturan

Suatu perusahaan ada kalanya melakukan sebuah inovasi baru karena peraturan yang berlaku di suatu tempat atau negara tersebut.

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Inovasi, Ciri, Jenis dan Tujuannya (Bahas Lengkap). Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kamu. Terimakasih 🙂

√ Pengertian Inovasi, Ciri, Jenis dan Tujuannya (Bahas Lengkap)
5 (100%) 3 vote[s]