√ Pengertian Geografi, Ruang Lingkup dan Objek Studinya (Lengkap)

Posted on

Pengertian Geografi, Ruang Lingkup dan Objek Studinya (Lengkap) – Istilah geografi mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang, karena geografi adalah mata pelajaran yang sudah diajarkan sejak sekolah menengah pertama. Namun masih banyak yang belum mengetahui geografi itu apa sihh?? Geografi adalah cabang ilmu pengetahuan tentang kebumian. Yaaa betul sekali, tapi kali ini StudiNews akan membahas lebih lanjut mengenai geografi yang mencakup pengertian, ruang lingkup, serta objek studinya.

Pengertian Geografi, Ruang Lingkup dan Objek Studinya (Lengkap)

Untuk mengetahuinya langsung saja kita simak penjelasannya sebagai berikut:

Pengertian Geografi

Secara umum, geografi merupakan suatu cabang ilmu yang khusus mempelajari tentang lokasi dan persamaan serta perbedaan keruangan atau fenomena fisik dan manusia diatas permukaan bumi.

Istilah “geografi” secara etimologis berasal dari bahasa yunani yakni ” “geo” yang artinyai bumi, dan “graphien” yang artinya pencitraan. Sehingga geografi merupakan ilmu pengetahuan yang menggambarkan segala sesuatu yang ada dipermukaan bumi.

Pengertian Geografi Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah definisi dari geografi menurut ahlinya.

1. Preston E. James

Geografi adalah induk dari segala ilmu pengetahuan, karena bidang ilmu pengetahuan selalu diawali dengan keadaan muka bumi yang kemudian beralih pada studi ilmu pengetahuan masing-masing.

Baca Juga:  √ Pengertian Cagar Alam, Karakteristik, Manfaat dan Contohnya

2. Mustofa Bisri

Geografi adalah suatu ilmu yang menguraikan tentang permukaan bumi, iklim, penduduk, flora dan fauna hingga basil-basil yang terdapat di bumi.

3. Claudius Ptolomaeus

Geografi adalah suatu penyajian melalui peta dari sebagian serta seluruh permukaan bumi.

4. Herioso Setiyono

Geografi adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungannya dan merujuk terhadap pola persebaran horisontal di permukaan bumi.

5. Ikatan Geografi Indonesia (IGI)

Geografi adalah suatu ilmu yang mempelajari persamaan serta perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kewilayahan serta kelingkungan dalam konteks keruangan.

Ruang Lingkup Geografi

Secara garis besar, geografi terdiri dari 3 ruang lingkup, yakni  fisik, sosial, dan regional. Berikut penjelasannya:

1. Geografi Fisik

Geografi fisik merupakan cabang yang mempelajari tentang kondisi fisik pada permukaan bumi, termasuk fenomena ataupun peristiwa yang pernah terjadi di bumi. Adapun beberapa ruang lingkup geografi fisik yakni mencakup semua gejala yang terjadi di atmosfer (lapisan udara), pedosfer (lapisan tanah), litosfer (lapisan batuan), biosfer (lapisan kehidupan), hidrosfer (lapisan air) dan antroposfer (ruang angkasa).

Geografi fisik ini mencakup keadaan lingkungan geosfer, seperti iklim, bentuk, relief, dan segala sesuatu yang mempengaruhi kehidupan manusia (daratan, udara dan juga air).

2. Geografi Sosial

Geografi sosial adalah cabang ilmu geografi yang mempelajari tentang seluruh kegiatan manusia di bumi dan kaitannya dengan lingkungan hidupnya. Yang termasuk ke dalam ruang lingkup sosial diantaranya adalah ekonomi, budaya, teknologi dan kehidupan sosial manusia.

3. Geografi Regional

Geografi regional adalah suatu cabang ilmu yang mempelajari tentang hal-hal khusus yang terjadi di suatu daerah (desa, kota, provinsi, dan negara).

Pengertian Geografi, Ruang Lingkup dan Objek Studinya

Objek Studi Geografi

Dalam objek studi geografi terdapat dua objek yang harus dipelajari, diantaranya adalah

Baca Juga:  √ Pengertian Global Warming, Penyebab, Efek dan Cara Pencegahannya

1. Objek Formal

Objek formal merupakan objek studi geografi yang berhubungan dengan fenomena keruangan. Untuk membahas fenomena tersebut maka dalam geografi sering dilakukan analisis lokasi, persebaran di dalam bumi, sehingga sering ditemukan bermacam fenomena lainnya yang saling berhubungan.

2. Objek Material

Objek material adalah objek studi yang berbentuk material yakni fenomena yang ada dipermukaan bumi (litosfer, atmosfer, pedosfer, biosfer, hidrosfer dan antroposfer).

Nah itulah tadi penjelasan kita kali ini mengenai Pengertian Geografi, Ruang Lingkup dan Objek Studinya (Lengkap). Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan. Terimakasih 🙂

√ Pengertian Geografi, Ruang Lingkup dan Objek Studinya (Lengkap)
5 (100%) 10 vote[s]