√ Pengertian Sosial Ekonomi, Faktor & Kondisi Sosial (Bahas Lengkap)

Posted on

Pengertian Sosial Ekonomi, Faktor & Kondisi Sosial (Bahas Lengkap) – Dalam kehidupan kita tidak terlepas dari kegiatan ekonomi dan juga sosial yang tentunya semua itu berhubungan dengan masyarakat. Lalu apa sebenarnya pengertian dari sosisal ekonomi? Untuk itulah pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan tentang pengertian sosial ekonomi, faktor yang menentukan sosial ekonomi dan kondisi sosial ekonomi di Indonesia dengan lengkap dan mudah dipahami. Agar lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Sosial Ekonomi, Faktor & Kondisi Sosial (Bahas Lengkap)

Mari kita bahas pengertian sosial ekonomi terlebih dahulu derngan seksama.

Pengertian Sosial Ekonomi

Dalam Wikipedia dijelaskan bahwa pengertian Sosial Ekonomi adalah kedudukan atau posisi seseorang dalam kelompk masyarakat yang ditentukan oleh jenis aktivitas ekonomi, pendidikan dan juga pendapatan.

Penjelasannya sosial dan ekonmi biasa menjadi objek pembahasan yang berbeda. Dalam konsep sosiologi manusia biasa disebut dengan makhluk sosial yang mempunyai arti menusia tidak bisa hidup tanpa adanya bantuan dari orang lain, sehingga arti sosial biasa diartikan sebagai hal yang berhubungan dengan masyarakat. Sedangkan ekonomi berasal dari bahasa Yunani yakni oikos yang artinya keluardan atau rumah tangga dan nomos yang artinya peraturan.

Baca Juga:  √ 27 Pengertian Promosi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Pengertian Sosial Ekonomi Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah definisi dari sosial ekonomi menurut ahlinya.

1. FS. Chapin (Kaare, 1989:26)

FS.Chapin mengemukakan status sosial ekonomi adalah posisi yang ditempat individu atau keluarga yang berkenaan dengan ukuran rata-rata yang umum berlaku tentang kepemilikan kultural, pendapatan efektif, pemilikan barang dan partisipasi dalam aktifitas kelompok dari komunitasnya.

2. Melly G Tan

Melly G Tan mengemukakan sosial ekonomi adalah bahwa kedudukan sosial ekonomi meliputi tiga faktor yaitu pekerjaan, pendidikan, dan penghasilan.

3. Santrock (2007:282)

Santrock mengemukakan sosial ekonomi adalah pengelompokkan orang-orang berdasarkan kesamaan karakteristik pekerjaan, pendidikan ekonomi.

4. Abdulsyani (1994)

Abdulsyani mengemukakan sosial ekonomi adalah kedudukan atau posisi seseorang dalam kelompok manusia yang ditentukan oleh jenis aktivitas ekonomi, pendapatan, tingkat pendidikan, jenis rumah tinggal, dan jabatan dalam organisasi.

5. Soekanto (2001)

Soekanto mengemukakan sosial ekonomi adalah posisi seseorang dalam masyarakat berkaitan dengan orang lain dalam arti lingkungan pergaulan, prestasinya, dan hak-hak serta kewajibannya dalam hubungannya dengan sumber daya.

Pengertian Sosial Ekonomi, Faktor Yang Menentukan, Kondisi Sosial
Pengertian Sosial Ekonomi, Faktor Yang Menentukan, Kondisi Sosial Terlengkap

Faktor-Faktor Yang Menentukan Sosial Ekonomi

Terdapat beberapa faktor yang bisa menentukan tinggi rendahhnya sosial ekonomi orang tua dimasyarakat, antara lain pendidikan, jenis pekerjaan, tingkat pendapatan, kondisi lingkungan tempat tinggal, pemilikan kekayaan, dan partisipasi dalam aktivitas kelompok dari komunitasnya.

1. Tingkat Pendidikan

Berdasarkan UU RI No.20 Tahun 2003 pasal 1, jenjang pendidikan merupakan tahap pendidikan yang ditentukan menurut tingkat perkembangan peserta didik, tujuan yang akan diraih, dan kemampuan yang dikembangkan.

2. Pendapatan

Pendapatan merupakan jumlah keseluruhan pendapatan kepala keluarga ataupun anggota keluarga lainnya yang bentuknya berupa uang dan barang. Menurut Sumardi dalam Yerikho (2007) mengemukakan bahwa pendapatan yang diterimak oleh penduduk akan dipengaruhi oleh tingkat pendidikan yang dimilikinya. Dengan pendidikan yang tingi maka akan bisa mendapatkan kesemapatan yang lebih luas untuk memperoleh pekerjaan yang lebih baik dan juga pendapatan yang lebih besar. Sedangkan pada penduduk yang memiliki pendidikan rendah akan memperoleh pekerjaan dengan pendapatan yang lebih kecil.

Baca Juga:  Pengertian Gunung Berapi, Jenis-Jenis, Klasifikasi, Skema Peringatan Terlengkap

3. Pemilikan Kekayaan atau Fasilitas

Pemilikan kekayaan atau fasilitas merupakan kekayaan berupa barang-barang yang mana masih memiliki manfaat dalam menunjang kehidupan ekonominya. Fasilitas tersebut antara lain

  • Barang-barang berharga (perhiasan, televisi, kulkas dan lain-lain)
  • Jenis kendaraan pribadi

4. Jenis Pekerjaan

Pekerjaan akan menjadi penentu status sosial ekonomi karena dari bekerja selulruh keperluan akan bisa dipenuhi. Pekerjaan tidak hanya memiliki nilai ekonomi tetapi upaya manusia untuk memperoleh kepuasan dan mendapatkan imbalan atau upah, dalam bentuk barang dan jasa akan terpenuhi kebutuhan hidupnya.

Kondisi Sosial Ekonomi Indonesia

Melihat kondisi sosial ekonomi Indonesia sejak kolonialisme, pendidikan dianggap sebagai faktor penting untuk peningkatan kesejahteraan bangsa. Masyarakat Indonesia yang sering dikenal dengan penduduk asli pada masa kolonial memperoleh kesempatan untuk menyekolahkan anak-anaknya, walaupun masih dalam kondisi terbatas karena terdapat perbedaan dalam perlakuan dalam masyarakat, terdapatnya perbedaan jenjang pendidikan di masa kolonial pada umumnya membuat peluang masyarakat untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih sedikit sehingga berpengaruh pada penghasilan yang mempengaruhi kesejahteraan.

  • Struktur Sosial Ekonomi Pemerintahan Hindia Belanda
    • Adanya perbedaan dalam perlakuan di fasilitas pendidikan
    • Adanya kesenjangan ekonomi antara masyarakat asli dan non asli

Dalam perkembangannya aktivitas ekonomi lebih berkembang di pulau Jawa dan sedikit di pulai lainnya seperti Sumatera dan juga Kalimantan.

  • Struktur Sosial Ekonomi Pemerintahan Era Orde Baru
    Kabinet Ampera

    • Program pembangunan dilakukan secara sistematis dengan rencana pembangunan lima tahun
    • Pada bidang pendidikan jumlah anak yang bisa bersekolah terus mengalami peningkatan meskipun tidak semua penduduk memperolehnya karena kurang meratanya pendidikan menurut wilayah atau tingkat ekonomi.
    • Pada bidang ekonomi pemerintah lebih perhatian terhadap pembangunan di daerah dengan ditangai kepemimpinan tunggal di daerah oleh Gubernur
    • Terdapatnya dominasi aktivitas ekonomi di pulau jawa dan sedikit pada pulau lain.
Baca Juga:  √ 14 Pengertian Lembaga Sosial Menurut Para Ahli dan Cirinya

Itulah telah dijelaskan tentang Pengertian Sosial Ekonomi, Faktor & Kondisi Sosial (Bahas Lengkap) semoga bermanfaat. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

5 (100%) 7 votes