Pengertian Hardware (Perangkat Keras), Fungsi, Jenis, Contoh Terlengkap

Posted on

Pengertian Hardware (Perangkat Keras), Fungsi, Jenis, Contoh Terlengkap – Pada perangkat komputer terdiri atas hardware, software dan brainware. Yang mana hardware merupakan perangkat keras seperti mouse, keyboard, cpu dan lain sebagainya. Lalu apa fungsi dan jenis-jenis dari hardware? Berikut ini kami akan membahas dengan detail pengertian dari hardware atau perangkat keras, fungsi hardware, jenis-jenis hardware dan contoh hardware. Untuk lebih jelasnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Hardware (Perangkat Keras)

Hardware adalah perangkat keras dalam artian bisa dipegang, berbentuk fisik, bisa dilihat, diraba dan mempunyai fungsi tertenu di sebuah perangkat komputer. Hardware juga disebut dengan perangkat yang mempunyai bentuk fisik di komputer menjadikan bisa dilihat dan disentuh. Yang salah satu fungsinya adalah unyuk menjalankan sistem komputerisasi, seperti menerima input data, membantu dalam mengolah data, untuk menyimpan data ataupun sebagai keluaran hasil olahan data.

Jenis-Jenis Hardware

Secara umum hardaware atau perangkat keras dibagi menjadi tiga (3) macam, antara lain sebagai berikut:

Input Device (Perangkat Masukan)
Perangkat masukan adalah perangkat keras yang berfungsi untuk memasukkan data-data dalam komputer, data yang di input bisa dalam bentuk teks, gambar, audio, dan video. Contoh perangkat input atau masukan yaitu seperti mouse, keyboard, scanner, webcame, microphone, dan lain sebagainya.

Process Device (Perangkat Pemrosesan)
Perangkar pemrosesan dipakai dalam memproses atau mengelola data-data dalam komputer. Perangkat ini bisa disebut juga sebagai otak dari suatu komputer, karena merupakan perangkat yang paling penting untuk menjalankan proses terhadap data-data yang di input. Contoh perangkat pemrosesn yakni CPU (Central Processing Unit), VGA (Video Graphic Audio), RAM (Random Access Memory) dan lain sebagainya.

Baca Juga:  Pengertian Brainware, Jenis, Fungsi, Komponen Terlengkap

Output Device (Perangkat Keluaran)
Perangkat keluaran adalah perangkat yang berfungsi sebagai penampung dan penghasil data-data kemudian dikeluarkan dengan perangkat lain. Seperti data yang dikeluarkan berupa bentuk teks, gambar, audio ataupun video. Contoh perangkat keluaran antara lain monitor, proyektor, printer dan lain sebagainya.

Selain tiga diats, terdapat juga hardware yang dibagi menjadi lima macam. Antara lain seperti yang sudah disebutkan diatas kemudian ditambah dengan perangkat penyimpanan dan perangkat tambahan, yaitu:

Storage (Unit Penyimpanan)
Unit penyimpanan adalah komponen yang berfungsi untuk menyimpan data atau informasi didalam komputer. Salah satu contoh unit penyimpanan yakni hardisk. Hardisk adalah suatu perangkat keras yang berfungsi sebagai pusat penyimpan data pada komputer. Hardisk termasuk dalam penyimpanan sekunder di komputer, sekarang ini hardisk tidak hanya terpasang dalam komputer saja, tetapi juga ada yang dipasang di luar komputer yang terkenal dengan sebutan hardisk eksternal.

Periferal (Perangkat Tambahan)
Perangkat tambahan adalah suatu perangkat yang berfungsi membantu dalam melaksankaan intruksi atau perintah user. Salah satu contoh perangkat tambahan adalah modem. Modem adalah perangkat keras yang berfungsi sebagai alat komunikasi yang bisa mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog, ataupun sebaliknya. Modem juga bisa menghubungkan suatu komputer ke jaringan internet.

Pengertian Hardware (Perangkat Keras), Fungsi, Jenis, Contoh
Pengertian Hardware (Perangkat Keras), Fungsi, Jenis, Contoh

Contoh Hardware

Berikut ini kami berikan beberapa contoh dari hardware atau perangkat keras, menurut jenis-jenisnya yaitu:

Pada Periferal

  • Modem
    Modem adalah perangkat keras yang berfungsi sebagai alat komunikasi yang bisa mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog maupun sebaliknya.
  • TV Tuner
    TV Tuner adalah perangkat tambahan yang bisa memungkinkan suatu komputer bisa menerima sinyal televisi. Dengan TV Tuner komputer bisa menayangkan siaran TV dari stasiun-stasiun televisi.
Baca Juga:  √ 8 Pengertian Internet Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Para Storage

  • Flasdisk
    Flasdisk adalah alat penyimpanan data dalam komuter, flashdisk mempunyai konektor USB sebagai penghubung ke komputer atau media lainnya. Seringkali flasdisk mempunya kapasitas penyimpanan yang kecil dari pada hardisk namun mengikuti perkembangan teknologi penyimpanan flashdik juga semakin diperbesar. Umumnya flashdisk dipakai untuk mengkopi atau memindahkan data dari suatu perangkat komputer ke perangkat lainnya.
  • Hardisk
    Hardisk adalah hardware yang berfungsi sebagai pusat penyimpanan data atau informasi didalam komputer dengan kapasitas penyimpanan yang besar. Hardisk adalah tempat pemyimpanan sekunder dalam komputer. Sekarang ini hardisk tidak hanyak dalam komputer, tetapi juga hardisk dalam bentuk portable atau yang terkenal dengan disebut hardisk eksternal.
  • Optical Disk
    Optical disk adalah penyimpanan datang yang bisa ditulis/dibaca oleh cahaya laser. Media penyimpanan data optical disk seperti CD (Compact Disk) dan DVD (Digital Versatile Disk)

Pada Output Device

  • Monitor
    Monitor adalah perangkat keras yang berupa layar untuk menampilkan hasil pemrosesan data-data dalam berbagai bentuk. Seperti dalam bentuk teks, gambar, dan video.
  • Proyektor
    Proyektor adalah suatu alat optik yang berfungsi sebagai penampil gambar hasil pemrosesan, di bidang data (layar proyeksi, atau permukaan datar lainnya). Gambar yang ditampilkan dalam bentuk gambar, video, teks dan sebagainya.
  • Printer
    Printer adalah perangkat keras yang berfungsi untuk menceetak data atau file hasil pengolahan komputer, serinkali data (teks, gambar, grafik dan lainya) tersebut dicetak dengan media kertas

Itulah telah dijelaskan tentang Pengertian Hardware (Perangkat Keras), Fungsi, Jenis, Contoh Terlengkap semoga bisa bermanfaat. Terimakasih telah mengunjungi blog kami dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Silakan Baca Juga:

Baca Juga:  √ Pengertian Newsgroup Beserta Sejarah & Fungsinya (Lengkap)
Rate this post